Samarinda, (ANTARA Kaltim) - Semua siswa peraih nilai 100 dalam Ujian Nasional (UN) di Provinsi Kalimantan Timur akan mendapat beasiswa melalui Program Beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC)  dari total jumlah 50.000 penerima tahun 2016.

"Tahun ini anak-anak kita yang mengikuti UN jenjang SMA/MA/SMK ada 23 siswa yang meraih nilai sempurna atau nilai 100, jadi mereka akan mendapat BKC dari Pemprov Kaltim," ujar Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim Dayang Budiarti di Samarinda, Minggu.


Namun demikian, lanjutnya, beasiswa tidak serta merta langsung diberikan, tetapi masih perlu dilakukan administrasi dan perlu dikoordinasikan dengan Tim Pengelola BKC untuk menetapkan mekanisme dan besarannya.


Pemberian beasiswa kategori prestasi, lanjut Dayang, sesuai dengan keinginan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, sehingga ke-23 siswa yang mendapat nilai sempurna tersebut juga harus memperoleh BKC karena mereka telah berprestasi bidang akademik.


Tahun ini, lanjutnya, Pemprov Kaltim menargetkan terdapat 50.000 orang yang mendapat BKC, baik pelajar mulai jenjang SD-SLTA, maupun mahasiswa diploma hingga sarjana baik kategori beasiswa tidak mampu maupun beasiswa prestasi, termasuk beasiswa program kerja sama.


Sedangkan rincian dari 23 siswa peraih nilai 100 tersebut adalah jenjang SMK terdapat tiga siswa, yakni Sandra Estinada dari SMK Kehutanan Samarinda dengan mata pelajaran (mapel) kompetensi keahlian, Yusuf D Darmawan dari SMKN 1 Balikpapan dengan mapel matematika, Alvina R Sari dari SMKN 2 Balikpapan dengan mapel bahasa Inggris.


"Kemudian SMA/MA jurusan IPA terdapat 17 siswa, yakni delapan siswa dari Kota Bontang, tujuh siswa yang semuanya dari SMAN 1 Kota Balikpapan, satu siswa dari Kota Samarinda, dan satu siswa dari Kabupaten Penajam Paser Utara," ujarnya.


Mereka antara lain Nurdyati Kartini dari SMAN 10 Samarinda mapel matematika, Hari Putra Utama dari SMAN 1 Balikpapan mapel matematika dan fisika, M Bima Swardana dan Avissena Izhar dari SMA YPK Bontang mapel matematika, Jihan Khairiyah dari SMA YPVDP Bontang mapel biologi, dan Ananda Putri Apriliana dari SMAN 1 Penajam mapel matematika.


Kemudian dari SMA jurusan bahasa terdapat tiga siswa peraih nilai sempurna, yakni Inggrid Prinsia Maharani dari SMAN 2 Samarinda mapel bahasa Jepang, Ihza Bela Silmana dari MAN 2 Samarinda mapel bahasa Jepang, dan Viena Tsalitsa Azmia dari SMA IT Darul Hikmah Bontang mapel matematika. *

       

   

Pewarta: Muhammad Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016