Penajam (ANTARA Kaltim) - Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata, dan Komunikasi Informatika (Dishubbudpar Kominfo) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, berencana melakukan peremajaan angkutan umum sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami akan lakukan peremajaan angkutan umum yang sudah tidak laik jalan untuk meningkatkan pelayanan fasilitas angkutan kepada masyarakat," kata Kepala Dishubbudpar Kominfo Kabupaten Penajam Paser Utara, Ady Irawan di Penajam, Rabu.

Peremajaan angkutan umum rencananya diutamakan terhadap angkutan trayek antarkota atau kabupaten.

Upaya peremajaan angkutan umum itu, lanjut Ady Irawan, karena banyak keluhan masyarakat pengguna jasa angkutan umum terkait kelayakan dan kondisi angkutan umum yang ada saat ini cukup tinggi.

"Masyarakat menilai kondisi angkutan umum di Penajam Paser Utara saat ini sudah tidak layak karena sudah tua dan kerap mogok," jelasnya.

Menurut Ady Irawan, masing-masing angkutan umum yang diremajakan nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas AC (air conditioner).

Dishubbudpar Kabupaten Penajam Paser Utara akan berkonsultasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk merealisasikan peremajaan angkutan umum tersebut.

Selain melakukan peremajaan angkutan umum, Dishubbudpar Kominfo Kabupaten Penajam Paser Utara juga akan membuka trayek angkutan umum baru.

"Kami akan buka trayek baru dari Penajam menuju Melak dan melawati wilayah Kelurahan Sotek, untuk melayani masyarakat pengguna angkutan umum," tambah Ady Irawan. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016