Samarinda, (ANTARA Kaltim) - Ketua Forum Bahasa Media Massa (FBMM) Pusat Tendy K Somantri akan melantik pengurus FBMM Provinsi Kalimantan Timur, dirangkai dengan Seminar Literasi Nasional bertema "Penumbuhan Budaya Literasi sebagai Upaya Pemartabatan Bangsa".


"Pelantikan FBMM Kaltim periode 2016-2018 dan seminar akan digelar di Kantor Gubernur Kaltim pada 26 April 2016. Kegiatan ini juga diwarnai pelantikan Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Komisariat Kaltim," ujar Ketua FBMM Provinsi Kaltim, Najib di Samarinda, Minggu.

Menurutnya, keberadaan FBMM di Kaltim sangat penting demi tetap terjaganya penggunaan bahasa di media massa yang santun, tidak cabul, sesuai dengan norma bahasa jurnalistik, serta menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Tujuan berdirinya FBMM di antaranya untuk menyamakan penulisan berupa alfabet, ejaan, kosakata, tata bahasa, maupun pelafalan di media massa, kemudian menggiatkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta membantu mengembangkan bahasa Indonesia.

Sedangkan kegiatan yang harus dilakukan FBMM antara lain mengadakan seminar, diskusi, lokakarya, ceramah ilmiah, dan berbagai bentuk kegiatan lain demi tercapainya tujuan pemanfaatan bahasa yang baik dan benar.

Ia berharap setelah pelantikan, semua pengurus FBMM bisa menjalankan peran dan fungsi sesuai dengan bidang yang diamanatkan, sehingga penggunaan bahasa media massa di Kaltim ke depan bisa lebih baik, tidak seperti sekarang yang masih ada media massa vulgar ketika menulis berita tentang pelecehan seksual terhadap anak maupun tindakan asusila lain.

Terkait dengan seminar dalam rangakaian pelantikan yang bekerjasama dengan Kantor Bahasa Kaltim ini, lanjut dia, terdapat empat nara sumber yang siap mengupas berbagai hal terkait penggunaan bahasa. Para nara sumber akan mengupas dari sisi bidang keahlian dan kapasitas masing-masing.

Empat nara sumber itu adalah Guru Besar FBS Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof Dr Suminto A Sayuti dengan materi bertema Literasi Dalam Pengajaran Sastra, Ketua Umum Forum Bahasa Media Massa (FBMM) Drs Tendi K Somantri dengan materi Literasi Media Massa.


"Nara sumber lainnya adalah Kepala Pusat Pembinaan Badan Bahasa Prof Dr Gufran Ali Ibrahim dengan materi Kebijakan Nasional Literasi, kemudian Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Samarinda Dr Asli Nuryadin dengan materi bertema Implementasi Literasi di Sekolah," ujar Najib. *

Pewarta: Muhammad Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016