Balikpapan (ANTARA Kaltim) – Dalam upaya promosi produk sekaligus menjual potensi kepariwisataan di daerah, Balikpapan Tourism Board bersama Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (Asita) dan Pengelola Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menggelar Balikpapan Borneo Travel Mart (BTBM) 2016.

Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim HM Mukmin Faisyal HP atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar pihak swasta di sektor kepariwisataan ini.

Menurut dia, kerjasama yang baik ini menunjukkan kesadaran dan kepedulian pihak swasta, perusahaan dan masyarakat dalam mendukung sukses pembangunan kepariwisataan Kaltim.

“Kegiatan ini bukan sekadar acara rutin tahunan. Tetapi secara langsung diharapkan mampu meningkatkan kepedulian untuk memajukan dunia kepariwisataan Kaltim,” kata Mukmin usai membuka Balikpapan Borneo Travel Mart 2016 di Balikpapan.

Dia mengakui Pemprov Kaltim secara khusus berkonsentrasi sebagai failitator, regulator dan motivator dalam memajukan sektor kepariwisataan daerah. Sedangkan pihak swasta lanjutnya, berperan sebagai pelaku dan ujung tombak pengembangan kepariwisataan khususnya yang berhubungan langsung dengan promosi dan produk. 

Dijelaskannya, potensi pariwisata Kaltim sangat kaya dan beragam. Misalnya, keindahan alam, peninggalan sejarah, seni budaya serta niali-nilai luhur yang dijunjung tinggi masyarakat.

“Pemprov akan terus mendukung peran swasta dan masyarakat, khususnya Balikpapan Tourism Board, Asita dan PHRI dalam pengembangan sektor kepariwisataan Kaltim,” ujar  Mukmin Faisyal.

Sementara itu Ketua Panitia BTBM 2016 Joko Purwanto menyebutkan kegiatan dihadiri sekitar 190 buyer dari dalam dan luar negeri untuk menawarkan dan mempromosikan potensi pariwisata di Kaltim.

“Malam ini (kemarin) saja sudah ada 190 buyer dalam dan luar negeri hadir dan besok pagi ada lagi 20 buyer dari Australia. Mereka ingin mengetahui dan ikut menawarkan potensi pariwisata Kaltim kepada masyarakat dunia,” ujar Joko Purwanto.

Kegiatan yang digelar selama tiga hari (20-22 April) dirangkai dengan kunjungan ke objek wisata di Balikpapan, Kutai Kartanegara dan Berau termasuk menyusuri Sungai Mahakam.

Tampak hadir Walikota Balikpapan H Rizal Effendi, Ketua Umum DPP Asita Asnawie Bahar, GM Angkasa Pura Pujiono dan Ketua DPD Asita Kaltim Edy Yusuf serta Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Asia Kementerian Pariwisata, Lilis. 

Turut hadir pula delegasi dari Malaysia, Singapura,  China, India dan Australia serta pimpinan DPD Asita seluruh Indonesia. (Humas Prov Kaltim/yans)

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016