Penajam (ANTARA Kaltim) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Penajam Paser Utara, telah menebar sekitar 151.000 benih ikan nila di Waduk Waru sebagai upaya menyelamatkan populasi ikan air tawar di alam bebas.

"Kami telah dua kali menebar bibit ikan nila di Waduk Waru dan jika ditambah dengan penebaran benih yang kami lakukan hari ini, maka diperkirakan sudah sekitar 151.000 benih ikan nila yang kami tebar," kata Kepala DKP Penajam Paser Utara Ahmad Usman usai melakukan penebaran benih ikan nila di Waduk Waru, Penajam, Selasa.

"Penebaran ribuan benih ikan nila itu sebagai antisipasi turunnya populasi ikan air tawar di alam bebas, sekaligus untuk mempertahankan ekosistem alam," tambahnya.

Ia menambahkan anggaran untuk menyediakan bibit ikan nila sebesar Rp21 juta yang bersumber dari APBD 2016 Kabupaten Penajam Paser Utara.

Selain untuk menyelamatkan populasi ikan air tawar di alam bebas, penebaran bibit ikan nila juga sebagai persediaan kebutuhan protein masyarakat di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Usman berharap setelah populasi ikan di Waduk Waru itu meningkat, masyarakat dapat memanfaatkannya sebagai sumber protein.

Ia juga meminta warga Kabupaten Penajam Paser Utara menjaga ekosistem Waduk Waru yang berada di Kecamatan Waru dengan tidak menangkap ikan menggunakan bom atau racun ikan agar bibit ikan tidak ikut mati.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016