Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Paser, telah menyiapkan lahan seluas 2.000 hektare untuk perusahaan hortikultura yang akan beroperasi di daerah itu.

"Lahannya sudah disiapkan di Desa Kerang dan sudah siap digunakan," kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Paser Abdur Rasyid saat dihubungi di Tanah Grogot, Senin.

Di lahan seluas 2.000 hektare itu, lanjut dia, akan dijadikan lahan budidaya tanaman hortikultura oleh salah satu perusahaan swasta.

Ia menyatakan, rencana budidaya tanaman hortikultura tersebut telah mendapat dukungan dari Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak.

"Pak Awang Faroek Ishak sangat mendukung budidaya tanaman hortikultura tersebut. Mantan Penjabat Bupati Paser Ibrahim yang saat ini menjabat Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Kaltim, telah berusaha mencarikan lahan yang cocok untuk budidaya hortikultura itu," ujar Rasyid.

Kepala Distanbun Kaltim, lanjut Rasyid, juga telah berkoordinasi dengan PT Inhutani untuk bisa memperoleh lahan 2.000 hektare tersebut.

"Mencari lahan yang terbuka seperti itu memang agak susah namun PT Inhutani sudah menyiapkan dan saat ini tinggal menunggu tahap selanjutnya," tutur Rasyid.

Begitu juga dengan Pemkab Paser, mendukung penuh rencana tersebut, katanya menambahkan.

"Mengingat pengelola merupakan perusahaan besar sehingga nantinya diperkirakan akan banyak menyerap tenaga kerja baik petaninya maupun pengelola hasil budidaya tersebut," papar Rasyid.

Namun lanjut dia, pemerintah baik Pemerintah Provinsi Kaltim maupun Pemerintah Kabupaten Paser hingga saat ini belum mendapat informasi selanjutnya dari pihak perusahaan.

"Saya belum bertemu pihak perusahaan. Kami ingin mereka terlebih dahulu datang untuk menjelaskan bagaimana proses penanaman hingga pengolahan tanaman itu nantinya," ujar Rasyid.       (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016