Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Kementerian Pariwisata akan membawa 20 jurnalis cetak dan elektronik dari Tiongkok ke Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, untuk meliput peristiwa fenomenal gerhana matahari total (GMT) pada 9 Maret 2016.

Menurut Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Balikpapan Oemy Facesly di Balikpapan, Rabu, selain 20 jurnalis, rencananya ada sekitar 12 astronom juga akan meliput GMT.

"Diharapkan kedatangan wartawan dan astronom ini dapat mempromosikan pariwisata Kota Balikpapan juga," kata Oemy di Balikpapan, Rabu.

Selain itu, pada tanggal 9 Maret nanti juga akan ada pemecahan rekor dunia yakni memakan 2119 kue mantau menjelang GMT, katanya.

"Momen ini dipersembahkan khusus kepada masyarakat Kota Balikpapan sekaligus masih dalam rangka memperingati HUT Kota Balikpapan ke 119," kata Oemy.

Dia menjelaskan bahwa menjelas peristiwa GMT akan ada acara yang dilaksanakan di dua tempat yaitu Lapangan Merdeka dan Pantai Manggar dengan menghadirkan hiburan artis Ibukota.

"Para artis tersebut yang akan menghibur pada saat jelang GMT," kata Oemy.

Proses terjadinya GMT yakni pada pukul 07:25 WITA mulai dari pergerakan gerhana, sedangkan puncak GMT akan terjadi sekitar pukul 08:33 WITA dan akan berakhir pada pukul 09:53 WITA. (*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016