Balikpapan (ANTARA Kaltim) - (ANTARA) - Wakil Gubernur Kalimantan Timur Mukmin Faisyal HP mengatakan pengelolaan manajemen perusahaan daerah di Balikapapan harus diisi oleh kalangan profesional.

"Saya dukung optimalisasi Perusda Balikpapan di bawah kepemimpinan Rizal-Rahmad, tapi harus betul-betul diisi para profesional bukan dari pensiunan PNS seperti sekarang," katanya di Balikpapan, Senin.

Selain itu Wagub juga mengingatkan, tidak perlu memperbanyak atau menambah Perusda baru. Jika dirasa perlu menambah maka terlebih dahulu melakukan kajian secara matang dan mendalam.

"Membentuk perusda baru itu harus dilihat kepentingannya. Kalau untuk kemajuan Balikpapan silakan saja. Tapi harus dikaji dan tidak sembarang tempatkan direktur, jangan lagi pensiunan ditampung, harus profesional," tegas Mukmin Faisyal.

Dikatakan, tidak efektif kalau banyak perusda, maksimalkan fungsi perusda yang sudah ada. Kalau tidak diurus dengan baik dan tidak profesional akan jadi bumerang.

Wagub Mukmin Faisyal menilai, langkah optimalisasi dapat membuat keberadaan Perusda Balikapapan lebih baik. Keberadaan perusda diarahkan untuk lebih memberikan manfaat kepada masyarakat Kota Balikpapan.

"Di Kaltim banyak perusda tapi kurang berfungsi dengan baik, kalau Balikpapan ada Perusda PDAM dan Perusda Balikapapan bidang kelistrikan," katanya.(*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016