Makassar (ANTARA Kaltim) - Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Provinsi Kaltim melakukan kunjungan kerja ke DPRD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Kunker ini digelar dalam rangka sharing terkait tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Banmus.  Juga terkait prosedur, mekanisme dan tata kerja sebagai anggota banmus.

Rombongan Banmus DPRD Kaltim yang dipimpin Andarias P Sirenden terdiri dari beberapa anggota, diantaranya Gunawarman, Safuad, Muhammad Samsun, Ismail, Rusianto, dan Mursidi Muslim.
 
Rombongan diterima Haidar Majid, selaku Koordinator Banmus Sulsel. Hadir pula Anggota Banmus Sulsel diantaranya, Sarce Bandaso, Ina N Syamsina, Sofyansyah, Irwan dan Pangerang Raing.

Dalam pertemuan itu Haidar menjelaskan bahwa tugas pokok dan fungsi Banmus di DPRD Sulsel masih sama dengan DPRD di provinsi lainnya yaitu sebagai alat kelengkapan DPRD yang memiliki tugas dan fungsi untuk menyusun dan mengatur jadwal dan agenda kerja.
Adapun penyusunan agenda maupun jadwal kegiatan DPRD Sulsel juga sama, yakni berlangsung setiap bulan.

Dalam melakukan penyusunan dan mengagendakan jadwal kegiatan DPRD Sulsel, skala dan prioritas menjadi acuannya. Selanjutnya bila ada usulan perubahan jadwal agenda, maka banmus akan menggelar rapat untuk dimusyawarahkan kembali.

"Jadi semua agenda kegiatan kedewanan disusun oleh banmus. Sehingga tupoksi dan wewenang DPRD dapat berjalan semestinya. Karena adanya usulan-usuan, biasa banmus tidak hanya menggelar dan mengesahkan jadwal satu kali dalam sebulan, namun disesuaikan dengan pengajuan perubahan jadwal yang disampaikan komisi-komisi maupun alat kelengkapan DPRD yang lain,” ujarnya.

Selanjutnya dari pertemuan tersebut Andarias menyampaikan dan mengharapkan bisa mengadopsi tugas dan fungsi Banmus DPRD Sulsel.  Agar ke depannya Banmus DPRD Kaltim bisa lebih baik lagi dalam menyusun dan mengatur agenda kegiatan DPRD.

“Semoga apa yang dijelaskan bisa bermanfaat dan bisa diterapkan dalam penyusunan agenda kegiatan DPRD Kaltim di bulan-bulan selanjutnya," harapnya. (Humas DPRD Kaltim/adv)


Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016