Penajam (ANTARA Kaltim) - Harga daging ayam dan daging sapi di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Penajam Paser Utara dalam beberapa pekan terakhir relatif stabil.

"Menjelang perayaan Imlek hingga saat ini harga daging, baik ayam maupun sapi masih relatif stabil. Begitu pula dengan stok, kami perkirakan masih mencukupi kebutuhan masyarakat," ujar Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Penajam Paser Utara, Rusli, saat dihubungi di Penajam, Rabu.

Harga jual daging sapi di pasaran sampai saat ini masih stabil sekitar Rp130.000 per kilogram, sementara daging ayam kampung Rp65.000 per kilogram, dan daging ayam potong broiler dijual dengan harga Rp29.000 per kilogram.

"Sejumlah pedagang mengaku permintaan terhadap daging sapi dan daging ayam cukup tinggi, namun tidak terjadi kenaikan harga," kata Rusli.

Menurut ia, stabilnya harga daging dipengaruhi ketersediaan bahan pokok di wilayah Penajam Paser Utara yang masih mencukupi, walaupun daya beli masyarakat cenderung meningkat sejak sepekan terakhir.

Berdasarkan pantuan di sejumlah pasar tradisional, sejumlah kebutuhan pokok lainnya, seperti beras dari Sulawesi dan minyak goreng dalam kemasan mengalami kenaikan harga, namun tidak terlalu signifikan.

Sedangkan untuk harga bawang merah mengalami kenaikan Rp2.000 menjadi Rp42.000 per kilogram, dari sebelumnya sebesar Rp40.000 per kilogram.

"Kondisi ini dipengaruhi masih terjadinya cuaca buruk yang mengakibatkan gelombang laut tinggi, sehingga menghambat pasokan dari luar daerah," ujar Rusli.      (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016