Penajam (ANTARA Kaltim) - Kepala Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluh Petani Kabupaten Penajam Paser Utara Surito Widarie menyatakan, persediaan beras mencapai 4.600 ton yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat selama empat bulan.

"Hingga Januari 2016, stok beras yang tersimpan di gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) sekitar 4.500 ton ditambah cadangan pangan pemerintah daerah sekitar 100 ton sehingga total persediaan beras sekitar 4.600 ton dan itu mencukupi kebutuhan masyarakat hingga empat bulan ke depan," kata Surito Widarie saat dihubungi di Penajam, Senin.

Kebutuhan konsumsi beras masyarakat di Kabupaten Penajam Paser Utara kata Surito Widarie, sekitar 18 ribu ton per tahun, sehingga dengan persediaan beras yang ada saat ini masih mencukupi sampai empat bulan ke depan.

"Untuk memenuhi kebutuhan beras masyarakat di Kabupaten Penajam Paser Utara, hingga akhir 2015, akan tertutupi dengan hasil panen para petani pada April pekan keempat sampai Mei 2016," kata Surito Widarie.

Luasan lahan pertanian yang akan dipanen pada April sampai Mei 2016 lanjut Surito Widarie, diperkirakan sekitar 11 ribu hektare dengan menghasilkan 55 ribu ton gabah kering giling.

Dari jumlah tersebut manurut Surito Widarie akan menghasilkan 34.100 ton beras.

"Dengan perhitungan hasil panen itu ditambah stok beras yang ada saat ini, persediaan beras di Kabupaten Penajam Paser Utara aman sampai akhir 2016, bahkan mengalami surplus beras," ujar Surito Widarie.

Kabupaten Penajam Paser Utara tambah Surito Widarie, juga menargetkan peningkatan IP (indeks penanaman) padi sebesar 0,5 persen dari luas tanam serta manambah luas areal tanam sekitar lima hektare dari luas lahan sawah sebelumnya 13 ribu hektare.         (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016