Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Badan Pembentukan Peraturah Daerah DPRD Kalimantan Timur memiliki pimpinan baru dengan terpilihnya Jahidin secara aklamasi pada rapat internal anggota di Gedung DPRD Kaltim di Samarinda, Selasa.

Legislator dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa itu diusung oleh hampir semua anggota yang hadir dan akan didampingi Ferza Agustia dari Fraksi Partai Golkar sebagai wakil ketua.

Kepemimpinan Bapperda DPRD Kaltim sempat lowong beberapa bulan, setelah ketuanya yakni Andi Burhanuddin Solong mengundurkan diri dari anggota dewan karena maju sebagai calon wali kota pada pemilihan kepala daerah di Kota Balikpapan tahun 2015.

Anggota DPRD Kaltim Baharuddin Demmu menilai Jahidin merupakan sosok yang tepat dalam memimpin Bapperda, mengingat sejumlah pengalamannya bersama Andi Burhanuddin Solong ketika memimpin selama setahun terakhir.

"Beliau (Jahidin) juga berlatar belakang hukum, sehingga dengan segala pengalaman yang dimiliki, kami nilai tepat dalam membawa Bapperda ke arah yang lebih baik ke depannya," kata Demmu.

Menurut ia, masih banyak agenda dan tugas yang menunggu, sehingga seluruh pimpinan dan anggota Bapperda diharapkan mampu menyelesaikan pekerjaan rumah yang menanti tersebut.

Ditemui usai rapat, Jahidin mengaku membutuhkan dukungan dari seluruh anggota guna menyelesaikan tugas Bapperda dalam menuntaskan beberapa rancangan peraturan daerah yang harus segera ditindaklanjuti.

"Langkah awal yang akan kami dilakukan adalah melakukan pembenahan di internal Bapperda, karena dengan solidnya seluruh anggota akan membuat penyelesaian semua agenda bisa semakin mudah dan maksimal," ucap Jahidin.

Selanjutnya, skala prioritas Bapperda pada 2016 adalah menyelesaikan beberapa Program Legislasi Daerah (Prolegda) yang belum selesai pada 2015, kemudian disusul Prolegda 2016.

Dari total 26 raperda yang masuk Prolegda 2015, baru delapan raperda yang sudah dituntaskan dan disahkan menjadi perda.

"Sedangkan sisanya masuk Prolegda 2016 bersama raperda yang baru sehingga total menjadi 30 raperda. Jumlah itu kemungkinan masih akan bertambah, jika masih ada usulan dari pemerintah maupun internal dewan," tutur Jahidin.(*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016