Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Pemilihan kepala daerah serentak 9 Desember 2015 berlangsung kondusif, termasuk di Kaltim. Seperti yang terpantau oleh gabungan Komisi DPRD Kaltim daerah pemilihan (Dapil) Samarinda dan Kukar. Pesta demokrasi serentak di Indonesia diharapkan menjunjung tinggi nilai kejujuran, menjaga nama baik bangsa dan negara.

Ketua DPRD Kaltim M Syahrun HS memimpin rombongan memonitor beberapa lokasi tempat pemilihan suara (TPS) wilayah Samarinda dan Kutai Kartanegara. KPU Kabupaten Kutai Kartanegara pun tak luput dari pantauan rombongan.

Di Kukar 2015 terdata ada 1.561 TPS yang tersebar di 237 desa/kelurahan. Dari data KPU Kukar, tercatat ada 515.644 warga yang memiliki hak pilih. Jumlah tersebut terdiri dari 273.015 pemilih laki-laki dan 242.629 pemilih perempuan.

"Hasil pemantauan kami di Kota Samarinda Jalan Suryanata TPS 17, juga TPS 05 Kelurahan Panji, Kecamatan Tenggarong yang juga merupakan pencoblosan Calon Bupati Rita Widyasari-Edi Damansyah berlangsung cukup aman. Pemilih hingga pukul 12.45 sudah melampaui lebih angka 50 persen," kata Haji Alung --- sapaan akrab saat memonitor, Rabu (9/12).

Selain Syahrun pemantauan juga dilakukan Jahidin, Edy Kurniawan, Siti Qomariah, Herwan Susanto, Rusman Ya’qub, dan Saefuddin Zuhri. Selanjutnya ada Sapto Setyo Pramono, Yaqob Manika, Sarkowi V Zahry, Yahya Anja, Selamat Ari Wibowo, serta Andarias P Sirenden.

Pada kesempatan sama, Siti Qomariah mengatakan, masyarakat kali ini khususnya pada daerah perkotaan sudah menyadari betapa penting untuk memilih.
 
"Suasana Pilkada tidak jauh berbeda antara Samarinda dan Kukar. Keamanan dan pendistribusian lancar sehingga tidak ada gejolak saat pemilihan berlangsung. Harapan kepada pemimpin terpilih nanti tentu lebih memperhatikan nasib rakyat kecil dengan melihat serta merangkul masyarakat memajukan daerah lebih sejahtera," kata Siti Qomariah. (Humas DPRD Kaltim/adv)
 

Pewarta:

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015