Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Kepala Badan Kesbangpol Kota Samarinda, Kalimantan Timur Erham Yusuf mengingatkan masyarakat di daerah itu pentingnya menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak yang akan digelar 9 Desember 2015.

"Pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak tersisa dua hari lagi. Tentunya, semua pihak menginginkan agar pelaksanaanya berjalan dengan sukses mengingat pesta demokrasi ini bertujuan, memilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda yang memiliki peran strategis dalam menentukan daerah ini ke depan," kata Erham Yusuf di Samarinda, Minggu.

Salah satu upaya menyukseskan pemilihan kepala daerah tersebut menurut dia yakni peran serta seluruh masyarakat di Kota Samarinda.

"Kami meminta masyarakat agar bisa secara aktif mengawal pemilihan serentak yang tersisa dua hari lagi," katanya.

Ia menyatakan, suksesnya pemilihan kepala daerah minimal ditentukan beberapa hal diantaranya, terciptanya rasa aman dan damai selama berlangsungnya pemilihan kepala daerah, tingkat partisipasi masyarakat dalam hal menggunakan hak pilih meningkat dari tahun sebelumnya serta pasangan calon yang terpilih memenuhi harapan masyarakat.

"Jadi, masyarakat harus tetap menjaga situasi aman dan damai, menggunakan hak pilihnya dan memilih pasangan calon sesuai hati nurani," katanya.

Suksesnya pemilihan kepala daerah itu tambah Erham Yusuf, perlu dukungan semua pihak.

"Selain penyelenggara dan pihak keamanan, yang tidak kalah pentingnya adalah dukungan dari tokoh lintas agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pelaku usaha, LPM, LSM, kalangan mahasiswa dan elemen masyarakat yang lainnya," ujarnya.

Ia berharap, semua pihak turut serta menginformasikan dan mendorong masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember 2015.

"Kami ingin di pemilihan kepala daerah serentak ini, Samarinda bisa menjadi percontohan penyelenggaraan di Indonesia dan ini perlu dukungan dan kerjasama semua pihak selaku `stakeholder` atau pemangku kepentingan," katanya.(*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015