Tana Grogot (ANTARA Kaltim) - PT Kideco Jaya Agung bekerja sama dengan PT Arjuna Cipta Kreatif (ACK) menyelenggarakan pelatihan "Fun Science" (pembelajaran pengetahuan yang menyenangkan) bagi guru sekolah dasar se-Kecamatan Kuaro, Kabupaten Paser.
     
Pelatihan "Fun Science" yang diikuti 55 guru dari 27 Sekolah Dasar Negeri dan swasta di Kecamatan Kuaro tersebut berlangsung selama dua hari yakni pada 28-29 November 2015.

Pelatihan "Fun Science" itu dibuka dengan doa yang dipandu oleh Ustadz Bisrul Kahfi dari Kuaro.
     
Manager CSR PT Kideco Jaya Agung Suriyanto mengatakan, pelatihan "Fun Science" tersebut tidak hanya fokus pada pemahaman guru, tetapi juga penerapan metode bagaimana cara agar para siswa dapat memahami "science" atau pengetahuan di kehidupan nyata.

Secara sederhana kata Suriyanto, "science" dapat berarti sebagai konstruksi pengetahuan (body of knowledge) yang muncul dari berbagai penemuan ilmiah sejak jaman dahulu.

Ilmu pengetahuan ini merupakan suatu metode khusus untuk memecahkan masalah kehidupan.

Sering kali hal yang sederhana tentang science dibuat menjadi rumit dan sulit oleh guru yang kurang memahami tentang cabang ilmu ini.

Akibatnya, para siswa memiliki pemahaman bahwa mata pelajaran yang sangat erat berhubungan dengan realita kehidupan sehari-hari, dianggap sebagai sesuatu yang sulit dan rumit.

Sebenarnya tambahnya, dengan pemahaman dan metode yang benar, mata pelajaran tersebut dapat mengarahkan anak pada kesadaran bahwa "science" dapat digunakan untuk mengatasi masalah pada tingkat individu, lingkungan masyarakat maupun tingkat global.

"Dari fenomena tersebut, sebagai salah satu bentuk kepedulian perusahaan melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) kami (Kideco) bekerja sama dengan PT Arjuna Cipta Kreatif (ACK) menggelar pembelajaran pengetahuan yang menyenangkan," ujarnya.

Pada pembukaan "Fun Science" tersebut dihadiri Kepala UPTD PSPD Kecamatan Kuaro, Sudirman, M.Si mewakili Dinas Pendidikan dan CSR Manager Kideco dari Manajemen perusahaan.

Kideco kata Suriyanto, akan selalu berupaya berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Paser, termasuk dalam sektor pendidikan.     

"Salah satu upaya Kideco dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Paser adalah dengan memberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru di wilayah binaan," kata Suriyanto.

Suriyanto juga menyampaikan terima kasih kepada dinas pendidikan dalam hal ini UPTD PSPD dan para guru di Kecamatan Kuaro yang selalu mendukung program CSR perusahaan.

"Program CSR Kideco tidak akan berarti tanpa dukungan pihak dinas pendidikan dan mitra lainnya," ungkap Suriyanto.

Saat pelatihan tersebut diikuti dengan antusias oleh semua peserta.

Walaupun sempat diguyur hujan yang cukup lebat, para peserta tetap hadir pada kegiatan tersebut.

Antusias peserta semakin bertambah karena pemateri Sunaryati, M.Pd dan Durrotun Yatimah, SS dari PT Arjuna Cipta Kreatif memaparkan materi "Fun Science" dengan lugas dan menyenangkan sehingga para peserta tetap bersemangat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pelatihan mulai dari awal hingga akhir.

Hal itu terlihat dari kreativitas para peserta yang dituangkan dalam membuat bentuk "science toys" serta aktifnya diskusi yang dilakukan setiap kali peserta melakukan presentasi.

Peserta juga saling berbagi ide terkait penerapan penggunaan media pada anak didik di kelas, sehingga peserta yang kesulitan dengan konsep "science" pada alat peraga tertentu dapat terbantu.

Hingga pelatihan di tutup oleh CSR Manager Kideco semua peserta masih tetap semangat.

Para peserta tetap berharap, Kideco terus mengadakan pelatihan-pelatihan berikutnya demi peningkatan kualitas mengajar mereka sebagai guru.

Kepala UPTD Kecamatan Kuaro Sudirman, M.Si sempat memberikan motivasi kepada para peserta untuk terus bersemangat dalam mengikuti pelatihan tersebut.    (Adv)

Pewarta: Advetorial

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015