Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 90 orang taruna Akademi Angkatan Laut melakukan kunjungan ke Kota Balikpapan dan tiba di Pelabuhan Semayang, Selasa, dengan menggunakan KRI Ki Hajar Dewantara - 364 yang dikomandani Kolonel Laut (P) Alan Dahlan.

Kedatangan para taruna AAL disambut Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Balikpapan Kolonel Laut (P) Arief Budiman dan Kapolres Balikpapan AKBP Jeffri Dian Juniarta serta drum band TK Hang Tuah Balikpapan.

Para taruna AAL tingkat IV angkatan ke-61 itu dijadwalkan berada di Kota Minyak selama tiga hari (24-26 November) dan melakukan sejumlah kegiatan.

"Para taruna akan melakukan kegiatan promosi ke beberapa sekolah, kunjungan ke pejabat daerah dan melakukan kirab kota," kata Komandan KRI Ki Hajar Dewantara Kolonel Laut (P) Alan Dahlan.

Ia menjelaskan kedatangan taruna AAL ini merupakan bagian dari latihan praktik Jalayuda Taruna AAL Angkatan ke-61.

"Keberangkatan kami berawal dari Surabaya, kemudian berlayar ke Makasar, Kendari, Ambon, Ternate, dan sekarang Balikpapan. Kami akan kembali ke Surabaya pada 27 November," katanya.

Alan menambahkan para taruna AAL tersebut akan menjalani pelantikan pada Juli 2016, tetapi sebelum itu, mereka diharuskan menjalani latihan praktik.

"Para taruna tersebut terdiri dari Korps Pelaut, Teknik, Elektro, Suplai, dan Marinir. Selama latihan praktik Jalayuda, mereka menjalani beberapa kegiatan selama berlayar, yaitu pengaplikasian pelajaran yang telah mereka dapatkan di kampus AAL Surabaya," kata Alan. (*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015