Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur, melatih anggota Perlindungan Masyarakat atau Linmas dalam rangka pengamanan pemilihan kepala daerah serentak pada 9 Desember 2015.

"Peran Linmas sangat besar dalam memberikan pengamanan terutama pada saat pelaksanaan pemilihan kepala daerah sehingga perlunya dilakukan pelatihan kepada mereka agar dapat mengetahui tugas dan fungsinya sehingga pesta demokrasi berjalan aman dan tertib," ujar Wakil Wali Kota Samarinda Nusyirwan Ismail, Senin.

"Anggota Linmas yang benar-benar tahu dan paham situasi dan kondisi lingkungan dan wilayah masing-masing sehingga diharapkan jika terjadi gangguan kamtibmas agar segera berkoordinasi dengan Polresta Samarinda," katanya.

Linmas juga kata Nusyirwan Ismail, memiliki tanggung jawab untuk mengajak masyarakat menjaga keamanan dan ketertiban.

"Linmas TPS memiliki tanggung jawab penuh dalam mendeteksi sistem keamanan saat pemungutan suara berlangsung hingga diserahkannya kotak suara oleh petugas TPS sampai ke PPS," katanya.

"Intinya, Linmas punya tanggung jawab yang luar biasa dan tidak bisa dianggap remeh. Kalau tidak siaga secara dini, pemilihan kepala daerah di Kota Samarinda pada 9 Desember 2015 tidak akan berjalan lancar sesuai harapan sampai dilantiknya Wali kota dan Wakil Wali kota terpilih," ujar Nusyirwan Ismail.

Keberhasilan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda menurut Nusyirwan Ismail, tergantung kepada peserta Linmas.

"Jika kegiatan pelatihan yang diselenggarakan diikuti sesuai dengan aturan dan arahan dari pembicara maka akan berhasil tapi apabila peserta tidak memahami apa yang disampaikan oleh narasumber maka akan timbul masalah besar," katanya.

Ia berharap, seluruh peserta pelatihan bisa memahami materi yang disampaikan oleh instruktur dari Polresta Samarinda.

"Kegiatan pelatihan saya harapkan mampu memberikan penjelasan tentang tugas pokok dan tanggung jawab anggota Linmas secara umum dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah," katanya.

"Selain itu, anggota Linmas juga harus bisa bersinergi dengan seluruh instansi terkait dan mampu merangkul semua elemen masyarakat sehingga pemilihan kepala daerah di Kota Samarinda dapat berjalan sukses," ujar Nusyirwan Ismail.  (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015