Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar optimistis persiapan "groundbreaking" atau pencanangan pertama pembangunan rel kereta api Borneo selesai 100 persen sebelum kedatangan Presiden Joko Widodo yang dijadwalkan pada 18 November 2015.

Menurut Yusran di Penajam, Kamis, kesiapan ini juga berdasarkan tinjauan di lapangan dan pelaksana juga telah melaporkan hasil pekerjaannya.

"Kami optimistis persiapan akan rampung semua dalam beberapa hari ini," katanya.

Berdasarkan pantauan di lapangan beberapa hari terakhir ini, bupati meminta semua pelaksana bekerja ekstra cepat, mengingat waktu kegiatan tinggal beberapa hari lagi.

"Salah satu perlengkapan yang kita siapkan adalah enam buah helipad yang semuanya dipusatkan di lokasi Pelabuhan Benuo Taka milik Pemkab Penajam Paser Utara," jelas Yusran.

Helipad itu termasuk untuk pendaratan helikopter besar yang membawa rombongan Presiden Jokowi. Menurut pelaksana teknisnya, pengerjaan keenam helipead tersebut juga dipastikan sudah rampung.

"Sementara itu, persiapan lainnya untuk kegiatan ini, seperti panggung raksasa berkapasitas seribu undangan VIP ini juga telah siap digunakan," tambah bupati.

Para pekerja melakukan pembenahan dan penataan sejak beberapa waktu lalu di lokasi tersebut, mulai ruang makan hingga dekorasi setiap sudut ruangan yang ada.

"Sejumlah alat berat Dinas Pekerjaan Umum juga kita kerahkan untuk membantu kegiatan di lapangan beberapa hari ini. Mereka kami tugaskan untuk mematangkan persiapan di lapangan agar kondisinya benar-benar baik," tegas Yusran Aspar. (Adv/*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015