Bontang (ANTARA Kaltim) - Wali Kota Bontang Adi Darma melakukan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan kelas III-A di Bontang Lestari untuk melakukan dialog dan menyerap aspirasi warga binaan, sekaligus mengecek bantuan akomodasi yang diberikan pemkot.

Dalam kunjungan yang berlangsung Jumat (6/11), Wali Kota Adi Darma didampingi Kalapas Tony Martono berdialog dengan warga binaan  terkait beberapa fasilitas dan pelayanan lapas.

"Meskipun Lapas Bontang telah menjadi lapas terbaik di Provinsi  Kaltim, tentunya tidak terlepas dari bantuan dan perhatian Pemerintah Kota Bontang. Maka dari itu, saya melakukan kunjungan ke lapas ini, sekaligus melakukan inspeksi terhadap pemanfaatan bantuan yang telah diberikan Pemerintah Kota Bontang," katanya.

Menurut ia, pembangunan di Bontang saat ini terus berkembang pesat dan tidak hanya dinikmati masyarakat Kota Bontang yang bermukim di wilayah perkotaan dan pesisir, tetapi juga mereka yang saat ini menjadi warga binaan lapas.

Dalam kesempatan itu, wali kota menanyakan soal pelayanan sekaligus mengecek kelengkapan fasilitas dan kebutuhan warga binaan.

Adi Darma menyampaikan bahwa kunjungan kerjanya juga bertujuan untuk mendengarkan aspirasi masyarakat Bontang yang menjadi warga binaan lapas, karena warga binaan juga merupakan bagian dari masyarakat Kota Bontang.

Ia mengakui kunjungannya itu hanya sekadar melakukan inspeksi dan mendengarkan aspirasi warga binaan lapas, sekaligus melakukan silahturahmi dan memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh warga binaan agar bisa benar-benar memanfaatkan lapas ini untuk melatih dan mengasah keterampilan yang dimilikinya, sehingga ketika kembali ke masyarakat bisa bermanfaat bagi di lingkungannya.

"Saya berharap ke depan kami bisa terus memberikan bantuan ke lapas ini, sehingga warga binaan bisa merasa nyaman dan mendapat informasi, termasuk perkembangan Kota Bontang. Dengan demikian, ketika masa hukumannya selesai dijalankan, warga binaan tidak merasa terkucilkan, tetapi bisa menyesuaikan diri dan hidup lurus," ujarnya.

Kepala Lapas Bontang Toni Martono mengatakan kemajuan lapas, termasuk kelengkapan fasilitas untuk warga binaan ini tidak terlepas dari bantuan Pemerintah Kota Bontang.

Hal ini menunjukan totalitas dan komitmen Pemerintah Kota Bontang dalam memberikan perhatian dan pembinaan kepada seluruh elemen masyarakat, termasuk masyarakat Bontang yang tengah berada di lapas.

"Tidak hanya melengkapi fasilitas seperti sarana olahraga dan tempat ibadah, Pemerintah Kota Bontang juga konsisten memberikan pelayanan kesehatan kepada warga binaan setiap hari Sabtu secara gratis. Bahkan untuk pendidikannya juga tidak terlepas dari perhatian Pemerintah Kota Bontang yang setiap tahunnya mengikutsertakan warga binaan untuk mengikuti ujian paket A, B dan C," jelasnya. (Adv/Hms/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015