Bontang (ANTARA Kaltim) - Wali Kota Bontang Adi Darma memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-87 di halaman Kantor Wali Kota Bontang, Jalan Moch Roem Bontang Lestari, Rabu.

Peringatan Sumpah Pemuda yang tahun ini mengusung tema "Revolusi Mental untuk Kebangkitan Pemuda Menuju Aksi Satu untuk Bumi" itu, dihadiri Sekkota HM Syirajudin, anggota DPRD, unsur FKPD, SKPD, manajemen perusahaan, tokoh pemuda dan agama serta organisasi masyarakat.

Dalam sambutannya, Adi Darma mengajak seluruh unsur pemuda di Kota Bontang agar kembali mengingat tonggak kebangkitan pemuda pada 28 Oktober 1928, di mana pemuda Indonesia telah mengawali sebuah perubahan besar untuk negeri ini.

Dengan tekad dan keberanian, para pemuda telah menginspirasi serta menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa, jauh sebelum kemerdekaan Republik Indonesia dideklarasikan.

"Kebangkitan para pemuda ini sungguh sebuah momentum sejarah yang patut untuk terus kita kenang dan kita jadikan sebagai motivasi dalam memberikan sumbangsih dan partisipasi dalam membangun bangsa Indonesia yang kita cintai ini," katanya.

"Ayo para pemuda Bontang, bangkitlah dan majulah kita songsong masa depan Kota Bontang yang cemerlang. Mari kita tunjukkan kepada dunia bahwa pemuda Bontang adalah pemuda yang cemerlang," tambahnya.

Wali kota juga berharap para pemuda memiliki kemandirian untuk mengambil keputusan terbaik secara jernih sesuai dengan akal sehat, tanpa harus tergantung dari kehadiran orangtua maupun negara di sampingnya.

Menurut ia, sudah bukan eranya lagi pemuda diawasi, dikekang apalagi diintimidasi, akan tetapi sudah saatnya para pemuda hanya mendapatkan pendampingan, fasilitasi dan motivasi untuk maju dan berkembang.

"Pada kesempatan ini, saya menggugah semangat kepeloporan pemuda untuk ambil bagian dalam penanggulangan musibah kabut asap yang melanda negara kita, dengan terus menjaga keseimbangan iklim melalui pengelolaan SDA yang bertanggung jawab dan berkelanjutan," katanya.

Usai memimpin upacara, Wali Kota Adi Darma menyerahkan hadiah kepada para pemenang Bontang City Carnival 2015.

Untuk kategori defile umum, peringkat pertama diraih SMA Vidatra, diikuti Paguyuban Reog Singo Budoyo dan SMKN 1 Bontang. Kemudian untuk kategori defile SKPD, regu Inspektorat menempati posisi pertama, disusul Dinas Kesehatan dan Kantor Perpustakaan dan Dokumentasi.

Sedangkan untuk kendaraan hias SKPD, penampilan terbaik diraih Dinas Pendidikan, diikuti PT Pupuk Kaltim dan Badak LNG. (Adv/Hms/*)

Pewarta:

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015