Bontang (ANTARA Kaltim) - Peringatan Hari Olahraga Nasional ke-32 di Kota Bontang diikuti ratusan peserta, kepolisian, TNI, dan Komunitas Senam Aerobik di depan kantor Wali Kota Bontang, Selasa.
  
Wali Kota Bontang Adi Darma memimpin peringatan Haornas tersebut dengan didampingi wakil Wali Kota Isro Umarghani.

Peringatan Haornas kali ini merupakan salah satu momentum bersejarah bagi dunia olahraga Indonesia dan momentum yang tepat untuk mengingatkan masyarakat terhadap pentingnya meningkatkan budaya olahraga.

Menurut wali kota, melalui tema Haornas "Gelorakan Budaya Olahraga untuk Indonesia Hebat", masyarakat Kota Bontang hendaknya bersatu-padu dan bersinergi dalam menggelorakan kembali semangat olahraga yang telah dicanangkan 32 tahun lalu, melalui Gerakan Memasyarakatkan Olahraga dan Mengolahragakan Masyarakat.

"Secara institusional, peranan aparatur mulai dari RT, RW, kelurahan sampai lembaga pemerintahan di daerah dan tingkat pusat sangat diperlukan, yaitu dengan selalu mengedepankan edukasi kepada masyarakat Kota Bontang akan arti pentingnya berolahraga dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Melalui olahraga, tambahnya, masyarakat bisa menerapkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, seperti sportivitas, disiplin, kebersamaan, serta kebiasaan hidup aktif dan sehat bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Adi Darma juga mengatakan bahwa olahraga merupakan wahana untuk melaksanakan revolusi mental dan karakter bangsa Indonesia, sebagaimana terdapat dalam Nawa Cita Kabinet Kerja pemerintah saat ini.

"Bagi kelompok usia anak, remaja dan pemuda, berolahraga memiliki peranan penting dan strategis dalam membina dan membentuk mental serta karakter yang berperilaku hidup aktif, sehat, dan bugar," katanya.

Dengan demikian, harapan untuk melahirkan generasi muda yang tangguh, bugar, serta bebas dari narkoba dapat terwujud dengan konsistensi aktivitas olahraga secara bersama dan berkesinambungan.

Peringatan Haornas di Kota Bontang dirangkai dengan penyerahan penghargaan kepada putra dan putri berprestasi dari berbagai bidang olahraga dan dilanjutkan dengan senam jantung sehat dan senam zumba oleh peserta upacara. (Adv/Hms/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015