Bontang (ANTARA Kaltim) - Wali Kota Bontang Adi Darma menghadiri pertemuan penting bersama Deputi Produktivitas Energi Kementerian Perekonomian Andi Novianto terkait percepatan pembangunan kilang minyak di daerah setempat.

Andi Novianto dalam pertemuan di Hotel Aryaduta Jakarta pada pekan lalu itu, menjelaskan perkembangan kegiatan yang telah dilakukan tim percepatan pembangunan kilang minyak Bontang.

Ia mengatakan bahwa saat ini tahap perizinan pembangunan kilang minyak terus dilengkapi, salah satunya adalah rencana tata ruang wilayah (RTRW) yang harus terlebih dahulu diseragamkan mulai tingkat kota, provinsi dan pusat.

"Koordinasi pemerintah pusat, Pemprov Kaltim dan Pemkot Bontang harus dilakukan intensif, karena dalam pembangunan kilang minyak Bontang harus terlebih dahulu sesuai dengan RTRW Kota Bontang, sehingga bisa berjalan lancar serta memiliki lokasi kilang yang memang strategis," jelas Andi Novianto.

Selain itu, Andi juga meminta Pemprov Kaltim dan Pemkot Bontang sesegera mungkin menyesuaikan RTRW dengan Rencana Daerah Tata Ruang (RDTR) yang saat ini masih dalam penyusunan.

Hal ini penting sekaligus salah satu syarat yang diatur dalam undang-undang.

Wali Kota Bontang Adi Darma menyatakan bahwa untuk pembangunan kilang minyak telah sesuai dengan RTRW, karena lokasi pembangunan merupakan kawasan industri yang telah ditetapkan Pemkot, yakni Kelurahan Satimpo dan Bontang Lestari di Kecamatan Bontang Selatan.

"Kalau RTRW kami untuk lokasi pembangunan kilang minyak ini memang telah sesuai, karena wilayah tersebut memang telah kami persiapkan sebagai kawasan industri. Selain letaknya yang sangat strategi, kawasan itu juga akan berdampingan dengan Badak LNG, perusaahan yang bergerak dalam bidang pengelolaan migas," papar Adi Darma.

Adi Darma meminta dukungan dan kerja sama semua pihak agar pembangunan kilang minyak berjalan lancar dan nantinya berdampak positif bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kota Bontang.

"Kita optimis pembangunan kilang minyak itu bisa membawa angin segar bagi masyarakat, salah satunya adalah penyediaan lapangan pekerjaan dan kemajuan ekonomi di segala lini," katanya. (Adv/Hms/*) 

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015