Bontang (ANTARA Kaltim) - Dinas Perikanan, Kelautan dan Pertanian Kota Bontang, Kalimantan Timur, sukses mengembangkan budidaya ikan kerapu dengan menggandeng beberapa kelompok tani nelayan sebagai mitra binaan.

Kepala Dinas Perikanan, Kelautan dan Pertanian Kota Bontang Aji Erlynawati pada Rabu (2/9), turut menyaksikan panen ikan kerapu hasil budidaya kelompok tani nelayan Pantasi.

"Budidaya ikan kerapu ini akan terus kita kembangkan, karena terbukti sekitar tujuh bulan, mereka berhasil dengan hasil panen yang memuaskan," katanya.

Menurut ia, potensi pengembangan budidaya ikan kerapu ini sudah dilirik masyarakat pesisir untuk beralih pekerjaan sebagai nelayan yang menggantungkan hasil dari tangkapan laut, karena mampu menopang ekonomi masyarakat setempat.
 
"Dari 800 ekor bibit ikan kerapu yang dibudidayakan, yang mampu bertahan hidup dan dipanen mencapai sekitar 700 ekor," tambah Aji Erlynawati.
 
Hingga saat ini, DPKP Bontang berupaya mendorong budidaya ikan kerapu di kalangan kelompok tani nelayan, karena potensi pasarnya cukup menjanjikan, selain beberapa kota seperti Makassar sebagai tujuan utama, juga ada peluang ekspor ke Hong Kong.
   
Erlynawati menambahkan bibit ikan kerapu berasal dari Balai Besar Gondol Bali, dengan jenis Kerapu Cantrang.

DPKP Bontang akan terus mengawal potensi sektor ini, karena prospeknya sangat bagus dan membantu para nelayan agar tidak terlalu tergantung pada hasil tangkapan ikan laut.
  
"Kita akan terus mengawal beberapa mitra binaan agar para nelayan dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah tanpa harus melaut," ujarnya. (Adv/Hms/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015