Penajam (ANTARA Kaltim) - Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar berharap festivasl layang-layang yang juga diikuti enam negara dapat memperkenalkan potensi wisata daerah itu, khususnya objek wisata laut.

"Melalui festival layang-layang tersebut, objek wisata khususnya wisata pantai di Kabupaten Penajam Paser Utara lebih dikenal oleh masyarakat luas," ungkap Yusran Aspar ketika melihat langsung persiapan festival layang-layang dan eksibisi peserta di Pantai Corong, Selasa.

Yusran Aspar mengaku bangga, karena festival layang-layang yang dilaksanakan di Pantai Corong, Kelurahan Tanjung Tengah pada 1-2 September 2015 itu diikuti peserta dari mancanegara.

"Saya merasa bangga sebab selain peserta tahun ini (2015) lebih meningkat, juga sejumlah pecinta layang-layang dari luar negeri ikut meramaikan festival tersebut," kata Yusran Aspar.

Sementara, Sekretaris Panitia Festival Layang-Layang, Yuli Setyowati menjelaskan, festival layang-layang 2015 tersebut dikuiti 39 kelompok, baik dari perwakilan Kalimantan Timur maupun beberapa daerah di Indonesia serta diikuti pecinta layang-layang dari luar negeri.

"Festival layang-layang 2015 ini diikuti oleh puluhan kelompok dan perorangan pecinta layang-layang se-Indonesia dan mancanegara," katanya.

"Festival layang-layang ini, akan memperebutkan puluhan hadiah menarik dan uang tunai ratusan juta rupiah dari Dinas Perhubungan Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Penajam Paser Utara," ungkap Yuli Setyowati.

Festival layang-layang itu kata Yuli Setyowati, terbuka untuk umum serta memberi kesempatan kepada pencinta layang-layang di Kalimantan Timur untuk mengikuti kegiatan festival tersebut.

"Jumlah peserta regional dari Kalimantan Timur, tahun ini (2015) mencapai 15 peserta atau meningkat dibanding tahun sebelumnya (2014 yang hanya diikuti delapan peserta," ujarnya.

"Terbanyak peserta dari Jakarta yakni mencapai sepuluh orang, kemudian Bali, Yogyakarta dan Kepuluan Riau," ungkap Yuli Setyowati.

Peserta dari beberapa daerah lainnya kata Yuli Setyowati, belum mendaftar ulang karena masih dalam perjalanan.

"Peserta yang belum mendaftar telah menghubungi panitia dan rencananya pada Selasa malam ini semua peserta nasional akan tiba di Penajam Paser Utara," ujar Yuli Setyowati.

Sementara untuk peserta dari luar negeri yang telah mendaftar ulang tambahnya, ada enam negara, yakni Thailand, Austrailia, Amerika, Singapura, Malaysia dan Belanda, sedangkan peserta layang-layang dari Perancis tidak dapat hadir dan dinyatakan mengundurkan diri.

"Festival layang-layang tersebut akan dibuka langsung Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar, Rabu (2/9)," ungkap Yuli Setyowati.      (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015