Penajam (ANTARA Kaltim) - Sekitar 1.300 pramuka pengalang dan penegak mendirikan kemah di halaman Dome Penajam Paser Utara memperingati hari ulang tahun Pramuka ke-54 yang digelar Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka setempat pada 28-30 Agustus 2015.

"Awalnya, kami hanya targetkan 300 peserta, tapi sampai pembukaan tercatat hingga 1.300 peserta yang mengikuti perkemahan HUT Pramuka ke-54 itu," ungkap Ketua Pelaksana Perkemahan HUT Pramuka ke-54, Suyanto, di Penajam, Jumat.

Peserta kegiatan perkemahan tersebut kata dia, bukan saja dikuti anggota pramuka yang berasal dari sekolah yang ada di wilayah Penajam Paser Utara, tetapi anggota pramuka dari SMP Negeri 4 Balikpapan, juga ikut berpartsipasi.

Suyanto yang juga sebagai Wakil Andalan Kwarcab Gerakan Pramuka Bidang Organisasi dan Hukum Kabupaten Penajam Paser Utara itu mengatakan, dalam perkemahan tersebut, banyak kegiatan kepramukaan dengan metode belajar mengajar yang interaktif dan progresif dilakukan di alam terbuka.

"Peserta dikenalkan dengan kehidupan alam bebas ketergantungan antara unsur-unsur alam, saling memeberikan pengalaman dan mengembangkan sikap bertanggung jawab serta saling menghormati antarsesama dengan mengedepankan kerjasama persatuan dan persaudaraan," ujarnya.

Selain itu, pada kegiatan perkemahan tersebut tambah Suyanto, peserta juga diajak mengembangkan permainan yang menatang dan menarik secara berkelompok dalam satuan terpisah yang bersifat kompetitif, dengan menerapkan sistem kecakapan.

"Jadi, kegiatan kepramukaan mulai membangun tenda dan kegiatan lainya adalah kegiatan rutin yang biasa ada dalam kegiatan perkemahan pramuka itu,” ujar Suyanto.     (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015