Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Sebanyak tiga kelompok tani di Kelurahan Maridan, Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara mendapat bantuan 150 ekor sapi dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

"Tiga kelompok tani tersebut telah lolos verifikasi dari Provinsi Kaltim masing-masing Kelompok Barakan Soleh, Tani Embun Makmur, dan Rumput Harapan," kata Lurah Maridan Hendro Susilo di Penajam, Jumat.

Bantuan tersebut merupakan program pengembangan sapi yang akan didatangkan pada sebulan ke depan ini yang diintensifikasikan dengan perkebunan sawit bagi petani.

"Adapun yang akan diberikan dengan jenis sapi Braman Kros, masing-masing 45 betina dan lima ekor adalah jantan untuk satu kelompok tani yang ada di Kelurahan Maridan," kata Hendro.

Dia mengatakan satu kelompok tani akan menerima 50 ekor yang terdiri atas 45 ekor betina dan lima ekor jantan.

"Sebelumnya hanya mengajukan tiga kelompok tani kepada pihak provinsi dan ketiganya lolos semua. Namun, kami mengungkapkan ke depan terus akan melobi lagi untuk kelompok tani lain yang memang sudah siap menerima bantuan sapi ternak," katanya.

Pemberian bantuan sapi tidak hanya pada tiga kelompok tani. Namun pihak kelurahan akan berusaha minta tambahan kuota lagi, jika kelompok tani di Kelurahan Maridan yang lain telah memenuhi persyaratan.

Manajemen dari kelompok tani di Kelurahan Maridan saat ini, katanya, sudah baik.

Pihak pemerintah kelurahan setempat juga berusaha mengawasi dan membenahi kelompok tani yang ada guna membantu penyelesaian persoalan-persoalan yang dihadapi petani. (*)

"Bentuk pengawasan dari kelurahan adalah kami terjun langsung ke kelompok tani yang ada, termasuk memberi masukan pada progran kerja mereka. Alhamdullilah dalam hal ini kami mendapat kepercayaan dari Propinsi Kaltim," kata Hendro. (*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015