Samarinda (ANTARA Kaltim) - Dinas Peternakan Kota Samarinda, menggelar Festival Kreasi Masakan Ikan sebagai upaya mendorong warga di daerah itu gemar mengkonsumsi ikan.

Kepala Dinas Peternakan Kota Samarinda, Syamsul Bahri, Rabu mengatakan, Festival Tahunan Kreasi Masakan Ikan 2015 dengan tema `Akselerasi Peningkatan Konsumsi Ikan Untuk Badan Sehat dan Cerdas Serta Penumbuhkembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kuliner Ikan` tersebut diikuti 27 keluruhan yang berada di sepuluh kecamatan.

"Agar lebih meriah, kami sengaja bekerja sama dengan PKK Samarinda dimana menu utama kali ini adalah ikan nila sebagai bahan dasar dengan menciptakan ragam menu ikan menjadikan satu kreasi," ungkap Syamsul Bahri.

Melalui festival kreasi masakan ikan tersebut, ia berharap dapat mendorong konsumsi ikan pada masyarakat agar lebih meningkat, bersemangat sebagai referensi.

"Tak kalah pentingya dari kreasi ini, setidaknya bisa menciptakan suatu menu kuliner andalan Samarinda dari bahan dasar ikan," kata Syamsul Bahri.

Sementara, Asisten II Setkot Samarinda Suko Sunawar mengungkapkan, kegiatan tersebut menjelaskan tujuan festival kreasi masakan ikan adalah untuk mendukung program pemerintah pusat dalam mendorong masyarakat Samarinda, agar gemar makan ikan seperti yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat yakni Gemari (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) sebagai konsumsi utama rumah tangga.

"Festival ini merupakan suatu upaya pemerintah untuk memasyarakatkan atau menyajikan kreasi masakan ikan, sehingga dari festival ini bisa diterapkan di lingkungan kelurahan melalui RT setempat," ungkap Suko Sunawar.    (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015