Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Tenggarong Kutai Carnival (TKC) akan kembali memperkenalkan Kutai Kartanegara serta Kalimantan Timur pada kegiatan pariwisata nasional "Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia" (WACI) II, yang akan dilaksanakan di Jember, Jawa Timur pada 29 Agustus 2015.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kutai Kartanegara Sri Wahyuni selaku pembina yang menanungi TKC, Selasa mengatakan, untuk mengikuti WACI II, TKC akan menampilkan kostum bertema Burung Enggang, purun dan mangrove.

Selain itu kata Sri Wahyuni, penampilan TKC di WACI II akan diiringi tarian tradisional Enggang.

"Tiga tema itu mewakili gambaran budaya, kesenian dan alam Kutai Kartanegara yang akan diperkenalkan TKC melalui kostum karnaval," ungkap Sri Wahyuni.

Kostum yang di tampilkan pada WACI II itu lanjut Sri Wahyuni, merupakan kostum yang mendapatkan penghargaan saat Festival Kota Raja pada 2014, dan yang lainnya merupakan seleksi dari tim manajemen TKC dan Disbudpar Kutai Kartanegara.

Sementara, Ketua TKC Nor Fajri melalui humasnya Desyana Fitriani mengatakan, sejak 25 Juli 2015, telah melakukan persiapan untuk "show" di WACI II tersebut.

"Setiap Sabtu dan Minggu kami latihan koreo untuk tampil di WACI II. Selain itu, kami juga membenahi dan mempercantik kostum yang akan ditampilkan di Jember nanti," ujar Desyana Fitriani.

WACI merupakan "Special Performing Art" keindahan budaya nasional Indonesia yang dikemas dalam bentuk karnaval dan akan diperagakan oleh perwakilan provinsi di Jember.

WACI merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata bersama Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari), yang dilaksanakan dalam rangkaian agenda tahunan "Jember Fashion Carnaval" (JFC).

WACI 2015 yang akan dihelat pada tanggal 29 Agustus 2015 di Jember Fashion Carnaval (JFC), Kota Jember, Jawa Timur, akan dimeriahkan oleh tim karnaval dari tujuh provinsi yaitu Jember Fashion Carnaval (Provinsi Jawa Timur), Tenggarong Kutai Carnival (Provinsi Kalimantan Timur), Tanjung Pinang Carnival (Provinsi Kepulauan Riau), Cirebon Carnival (Provinsi Jawa Barat), Kuta Carnival (Bali), Solo Batik Carnival (Jawa Tengah), Gading Nite Carnival (DKI Jakarta).

WACI ditujukan menjadi etalase visualisasi karnaval-karnaval di Indonesia, yang masing-masing memiliki dan mewakili karakteristik daerahnya untuk dipublikasikan ke seluruh dunia.    (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015