Samarinda (ANTARA News) - Puluhan penonton pingsan pada konser bertajuk "Sparkling Samarinda" dalam rangkaian peringatan hari jadi Kota Samarinda ke-342 dan Pemprov Kaltim ke-50 atau "HUT Emas" yang berlangsung di halaman parkir GOR Segiri Samarinda, Kalimantan Timur, Minggu malam (24/1) yang hadirkan Ungu, Kotak dan ST 12.

Konser Sparkling Samarinda yang digelar dalam rangka HUT Kota Samarinda ke-342 dan HUT Pemerintah Kota Samarinda ke-50 menghadirkan tiga grup band papan atas tanah air yakni, Ungu, Kotak dan ST12.

Penonton terlihat mulai berjatuhan saat konser baru saja dimulai lewat penampilan Kotak Band.

Saat vokalis Kotak Band, Tantri membawakan lagu kedua, penonton yang pingsan dan dirawat di Posko Kesehatan sudah mencapai 17 orang.

"Umumnya, mereka pingsan akibat kelelahan dan terhimpit ribuan penonton," ungkap seorang petugas medis konser Sparkling Samarinda.

Aksi panggung Tantri  terus menghentak sekitar 70 ribu warga yang memadati lapangan parkir GOR Segiri Samarinda.

Hingga diakhir penampilan Kotak band, tercatat 27 penonton yang pingsan dan dievakuasi ke Posko Kesehatan.

Suasana lapangan parkir GOR Segiri kian menghentak saat Pasha Ungu tampil diatas panggung.

Satu per satu penonton terlihat kembali berjatuhan dan segera dibawa ke Posko Kesehatan.

Bahkan, ratusan petugas keamanan yang berjaga di depan panggung terlihat kewalahan mengevakuasi penonton yang pingsan.

Tenda Posko Kesehatan yang berada di samping panggung terlihat tidak dapat menampung jumlah penonton yang pingsan.

Jumlah penonton yang pingsan semakin bertambah saat penampilan ST12.

"Kami terpaksa memberikan pertolongan seadanya sebab peralatan yang disiapkan tidak mencukupi," kata petugas medis Posko Kesehatan Sparkling Samarinda.

Walaupun disaksikan sekitar 70 ribu penonton konser Sparkling Samarinda yang menghadirkan tiga grup band papan atas tanah air yakni, Ungu, Kotak dan ST12 berlangsung aman.

"Secara umum, pelaksanaan konser ini berlangsung aman dan tertib," ungkap Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Poltabes Samarinda, Komisaris Akhmad Yusef Gunawa ditemui di sela-sela konser.

Poltabes mengerahkan 400 personil termasuk dari Brimob Polda Kaltim untuk mengamankan pelaksanaan konser Sparkling Samarinda itu.

Pewarta:

Editor : Iskandar Zulkarnaen


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2010