Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur, mengusulkan kepada PT Pelindo IV (Persero) untuk memperluas ruang tunggu bagi penumpang dan lapangan parkir, karena kondisinya kurang memadai.

"Kondisi ruang tunggu dan lapangan parkir yang ada ini sudah tidak memadai," kata Kepala KSOP Semayang Sugeng Widodo di Balikpapan, Kamis.

Menurut Sugeng Widodo, peningkatan fasilitas umum ini penting mengingat jumlah penumpang yang menggunakan jasa Pelabuhan Semayang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Pada 2015 ini saja, dalam sehari keberangkatan terdapat hingga 5.000 orang penumpang bersama barang bawaannya memadati pelabuhan secara bersamaan.

Akibat ruang tunggu terminal penumpang tidak mencukupi, sepanjang musim mudik Idul Fitri 2015 lalu, KSOP Semayang memasang tenda di halaman pelabuhan untuk para penumpang.

Sugeng menambahkan sejak awal tahun hingga akhir Juni ini, KSOP mencatat arus penumpang naik dan turun di Pelabuhan Semayang mencapai 176.228 penumpang, meningkat dari jumlah penumpang di periode yang sama pada 2014 sejumlah 149.039 penumpang.

Pada arus mudik lebaran tahun ini pun, KSOP Semayang menghitung jumlah penumpang naik hingga 20-25 persen dibandingkan dengan jumlah penumpang mudik pada lebaran tahun sebelumnya.

Jumlah pemudik melalui Pelabuhan Semayang mencapai sekitar 58.000 penumpang, terdiri dari penumpang yang naik sebanyak 39.000 orang dan penumpang yang datang sekitar 19.000 orang.

"Diperkirakan masih ada sekitar 15.000 penumpang yang belum balik dari data yang mudik kemarin. Dan tahun ini ada peningkatan 25 persen untuk pemudik yang menggunakan kapal laut di sini," kata Sugeng Widodo.(*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015