Penajam (ANTARA Kaltim) - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM), Kabupaten Penajam Paser Utara, meminta masyarakat setempat agar menjadi konsumen yang cerdas dan jeli serta tidak sembarangan membeli produk makanan, minuman dan obat-obatan.

"Kami mengingatkan masyarakat agar jangan sampai menjadi korban dan terhindar dari mengkonsumsi produk yang berbahaya bagi kesehatan," ungkap Kepala Bidang Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Penajam Paser Utara, Rusli dihubungi di Penajam, Selasa.

"Pada setiap hari besar keagamaan, biasanya ada pelaku usaha yang nakal menjual makanan dan minuman dalam kemasan yang rusak dan kadaluarsa. Inilah yang selalu harus diwaspadai," katanya.

Ia mengingatkan agar masyarakat memperhatikan label dan masa kedaluarsa sebelum membeli produk baik makanan, minuman maupun obat-obatan.

"Karena jika salah membeli, maka dampaknya akan membahayakan kesehatan pada konsumen itu sendiri," ujarnya.

"Menjadi konsumen cerdas sangat penting artinya bagi masyarakat itu sendiri, agar terhindar dari mengkonsumsi produk yang berbahaya bagi kesehatan. Karena jika produk mengandung bahan berbahaya atau kadaluarsa terus dikonsumsi setiap hari tanpa sadar, akan menganggu fungsi organ dalam tubuh," ungkap Rusli.

Menjadi konsumen cerdas menurut Rusli, sangat penting agar masyarakat terhindar mengkonsumsi produk makanan dan minuman yang berbahaya bagi kesehatan.

"Setiap orang wajib memperhatikan masa kadaluarsa apa yang dibelinya karena hal ini erat kaitannya dengan aspek kesehatan, keamanan dan keselamatan konsumen. Kami harapkan konsumen bisa menjadi pembeli yang cerdas," ujarnya.

"Masyarakat harus menjadi konsumen cerdas, karena disinyalir masih ada makanan dan minuman yang tidak layak konsumsi atau kadaluarsa yang beredar di daerah-daerah pelosok. Masyarakat juga harus lebih mencintai produk dalam negeri," ungkap Rusli.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015