Bontang (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 23 orang mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta siap membantu masyarakat di wilayah pesisir Kelurahan Bontang Kuala, Kota Bontang, Kalimantan Timur, melalui kegiatan kuliah kerja nyata yang berlangsung selama dua bulan.

Ketua Unit Kuliah Kerja Nyata (KKN) UGM Yogyakarta Budi Hermawan saat mendampingi para mahasiswa beraudiensi dengan Wali Kota Bontang Adi Darma di Bontang, Selasa, mengatakan selama dua bulan KKN, para mahasiswa akan memberi berbagai materi pengetahuan dan memandu masyarakat di daerah setempat.

"Terutama soal upaya meningkatkan sumber daya manusia, produksi dan pemasaran hasil budidaya yang dikembangkan masyarakat di wilayah pesisir Bontang," ujarnya.

Untuk itu, Budi Hermawan berharap ada sinergi dan dukungan dari pemerintah daerah setempat untuk menjalankan program bagi kemajuan petani nelayan tersebut.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Bontang Adi Darma meminta mahasiswa UGM yang melakukan KKN bisa menggali potensi yang ada di di Kelurahan Bontang Kuala yang selama ini dikenal sebagai daerah tujuan wisata perkampungan di atas permukaan air laut.

"Kelurahan Bontang Kuala adalah salah satu tujuan wisata di Kota Bontang, sehingga para mahasiswa jangan hanya fokus pada peningkatan SDM, tetapi juga melakukan penelitian terhadap potensi wisata apa saja yang bisa dikembangkan ke depannya," katanya.

Adi Darma berharap hasil kajian dan analisis para mahasiswa selama menjalani KKN disampaikan kepada Pemkot Bontang, agar nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menyusun program pembangunan berkelanjutan di bidang pariwisata.

"Saya yakin dengan teori yang didapat di bangku kuliah dan dipadukan dengan praktik di lapangan, karya ilmiah mahasiswa UGM bisa bermanfaat untuk kemajuan masyarakat di Bontang," tambahnya. (*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015