Penajam (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, akan menambah kuota bahan bakar minyak (BBM) jenis premium di setiap SPBU dan AMPS yang ada di daerah itu, untuk mengantisipasi lonjakan permintaan selama arus mudik 2015.

"Kuota premium di setiap stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dan agen penyalur minyak dan solar (AMPS) akan ditambah dua kali lipat per hari, sebagai antisipasi terjadinya lonjakan kebutuhan selama arus mudik hingga arus balik Idul Fitri 2015," ungkap Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Penajam Paser Utara, Rusli, di Penajam, Selasa.

Kuota harian premium di SPBU Kilometer Sembilan, Kecamatan Penajam, kata Rusli, sudah mengalami penambahan sejak awal Juli 2015.

"Persediaan premium di SPBU tersebut, awalnya hanya 16 kilo liter, kini meningkat menjadi 32 kilo liter per hari," kata Rusli.

Dengan penambahan kuota premium hingga 100 persen di SPBU Kilometer Sembilan tersebut lanjut Rusli, dipastikan akan mencukupi kebutuhan konsumen selama arus mudik hingga arus balik Idul Fitri 2015.

"Dengan tambahan kuota hingga 100 persen tersebut, kami pastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan selama arus mudik hingga arus balik," katanya.

"Persediaan 16 ton per hari saja, SPBU di kilometer sembilan bisa melayani pembeli BBM selama empat sampai enam jam sehingga tambahan kuota 16 ton lagi, diharapkan bisa melayani hingga delapan sampai 12 jam," ungkap Rusli.

Sementara, penambahan kuota di SPBU Kilometer Satu dan enam serta APMS lainnya di Penajam Paser Utara tambah dia, masih menunggu persetujuan Pertamina.

Penambahan kuota BBM khusus premium tersebut kata Rusli, dilakukan karena pada tahun sebelumnya (2014), lebih banyak kendaraan yang melintas di jalan poros Kabupaten Penajam Paser Utara menggunakan premium.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015