Bontang (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kota Bontang mengapresiasi lomba dakwah menggunakan bahasa Inggris khusus pelajar yang diselenggarakan Unit Kegiatan Mahasiswa English Debat Society Universitas Trunojoyo Bontang, Sabtu.

Wakil Wali Kota Bontang Isro Umaghani saat menghadiri lomba yang berlangsung di Masjid Al Hijrah, Kelurahan Tanjung Laut, mengatakan kegiatan bertajuk "Dai Competition" ini bisa menjadi wahana dalam menumbuhkembangkan kemampuan berbahasa Inggris dari para pelajar.

"Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Bontang, saya menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini. Saya berharap kegiatan semacam ini bisa terus dilaksanakan di tahun-tahun mendatang, tidak hanya mampu mengembangkan wawasan dan pengetahuan, tapi bisa sekaligus memperdalam ilmu agama para pelajar," katanya yang didampingi Rektor Universitas Trunojoyo, Chairul Rahman.

Dalam upaya mewujudkan Kota Bontang yang agamis, lanjut wawali, perlu didukung dengan kegiatan yang bersifat agamis, seperti lomba kompetisi dai, yang juga digunakan untuk menyebarkan syiar Islam.

Ia berharap kegiatan ini bisa menjadi bekal bagi pelajar di Kota Bontang sebagai generasi penerus untuk memperdalam pengetahuan agama.

"Siapa tahu pemenang kompetisi ini nantinya bisa meneruskan perjuangannya ke luar negeri," tambahnya.

Berkaitan dengan kemampuan berbahasa Inggris, Isro Umarghani menyampaikan harapannya agar masyarakat Bontang tidak tertinggal  dalam penguasaan bahasa internasional.

"Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa komunikasi internasional yang penting dikuasai oleh masyarakat. Banyaknya buku yang menggunakan bahasa Inggris merupakan salah satu alasan perlunya masyarakat aktif belajar," ujarnya.

Selain itu, dalam dunia kerja yang penuh dengan persaingan, kemampuan bahasa Inggris juga sudah menjadi kualifikasi berbagai perusahaan.

Ke depan, Isro berharap muncul komunitas-komunitas "English Speaking" di Kota Bontang dan mengajak media elektronik terutama radio atau televisi untuk memberikan wadah bagi komunitas tersebut. (Adv/Hms/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015