Bontang (ANTARA Kaltim) - Dinas Pendidikan Kota Bontang, Kalimantan Timur, meliburkan seluruh sekolah setempat selama bulan Ramadhan untuk memberi kesempatan siswa dan guru menjalankan ibadah puasa.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bontang Dasuki ketika dihubungi di Bontang, Kamis, menjelaskan kebijakan libur panjang sekolah dimulai pada 18 Juni atau awal Ramadhan hingga setelah lebaran pada 27 Juli 2015.

"Kebetulan bulan Ramadhan dan Lebaran tahun ini bersamaan dengan jadwal libur sekolah, sehingga kami mengambil kebijakan meliburkan seluruh sekolah. Jadi, awal masuk sekolah tahun ajaran baru 2015/2016 mulai 27 Juli," katanya.

Kendati siswanya libur, lanjut Dasuki, pengelola sekolah SD hingga SMA atau sederajat tetap akan beraktivitas untuk melayani pendaftaran calon siswa baru yang dibuka hingga 9 Juli mendatang.

Ia menambahkan legalisasi administrasi calon siswa baru sudah berlangsung pada 27 Mei hingga 5 Juni, yang dilanjutkan tahapan tes tulis dan penyerahan Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU).

Kecuali TK dan SD yang masih menggunakan cara manual, Dasuki mengatakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) pada SMP dan SMA/MA serta SMK negeri di Bontang dilakukan secara dalam jaringan (online).

"Pendaftaran siswa baru secara "online" dilaksanakan mulai 29 Juni hingga 3 Juli, dan pengumuman penerimaan pada 6 Juli. PPDB "online" memberikan layanan yang transparan, objektif dan bisa dipertanggungjawabkan," tambah Dasuki.

Mengutip lama resmi PPDB "online" di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, daya tampung seluruh SMP negeri di Kota Bontang pada tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 1.348 siswa, SMA/MA negeri 768 siswa dan SMK negeri 736 siswa. (*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015