Samarinda (ANTARA Kaltim) - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasional Demokrat atau Nasdem Provinsi Kalimantan Timur menggelar Sekolah Legislatif untuk anggota DPR RI, DPRD provinsi dan kabupaten/kota serta jajaran pengurus DPW dan DPD di Balikpapan, 29-31 Mei 2015.

Ketua Umum DPW Partai Nasdem Kaltim Harbiansyah Hanafiah di Samarinda, Kamis, mengatakan kegiatan ini juga akan dihadiri sejumlah peserta dari anggota DPRD Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dan DPRD kabupaten/kota serta pengurus DPW Nasdem Kaltara.

Sekolah Legislatif ini merupakan agenda nasional DPP Partai Nasdem dalam rangka peningkatan kualitas kader partai untuk menjalankan tugas dan fungsinya, baik sebagai anggota legislatif maupun kepengurusan di setiap daerah.

"Kegiatan ini sudah terlaksana di sejumlah provinsi, seperti di Sulawesi Selatan, Aceh, dan Kalbar. Sedangkan di Kaltim baru akan kita gelar mulai Jumat (29/5)," kata Harbiansyah.

Ia menjelaskan bergabungnya kader DPW Partai Nasdem Kaltara dalam Sekolah Legislatif di Kaltim ini, dengan pertimbangan sedikitnya jumlah peserta dari provinsi termuda di Indonesia tersebut.

Selain itu, ada pertimbangan sejarah karena dalam Pemilu 2014, Provinsi Kaltara masih menjadi bagian dari wilayah Kaltim.

"Makanya dalam gelaran Sekolah Legislatif ini, tajuknya adalah Sekolah Legislatif untuk Kader Partai Nasdem se-Kaltim dan Kaltara," jelas Harbiansyah.

Ketua Panitia Sekolah Legislatif DPW Partai Nasdem Kaltim Saefuddin Zuhri menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti 126 peserta, meliputi anggota DPR RI daerah pemilihan Kaltim-Kaltara, anggota DPRD Kaltim, anggota DPRD kabupaten/kota dan pengurus DPW se-Kaltim.

"Selain itu, peserta juga berasal dari anggota DPRD Kaltara, anggota DPRD kabupaten/kota se-Kaltara berikut jajaran pengurus wilayah tersebut," jelas Zuhri.

Sebagai pemateri atau tenaga pengajar dalam kegiatan tersebut dari pengurus DPP Partai Nasdem dan pejabat di Daerah.

"Berdasarkan konfirmasi terakhir yang dilakukan panitia, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dan Kejati Kaltim Achmad Djainuri bersedia untuk menjadi pemateri," tambah Zuhri.

Menurut Zuhri, kegiatan Sekolah Legislatif Partai Nasdem ini baru pertama kalinya dilaksanakan di Kaltim. Sebelumnya DPW Partai Nasdem Kaltim pernah mengadakan kegiatan pemantapan kader partai menjelang pelaksanaan Pemilu 2014.

"Ini merupakan program DPP Partai Nasdem sebagai langkah konsolidasi untuk merapatkan kembali internal kader partai, sekaligus upaya peningkatan mutu dan kualitas seluruh kader menyongsong pemilihan kepala daerah serentak pada Desember 2015," paparnya. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015