Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Wali Kota Bontang Adi Darma menjelaskan persiapan peresmian pembangunan pabrik PT Pupuk Kaltim 5 di Bontang, Kalimantan Timur, kepada Menkominfo Rudiantara saat menghadiri peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Balikpapan, Rabu.

     Adi Darma yang didampingi Direktur Utama PT Pupuk Kaltim Aas Asikin, mengemukakan pabrik PKT 5 adalah realisasi pertama pupuk sesuai program revitaliasi industri yang tertuang dalam Inpres Nomor 1 Tahun 2010, dalam rangka mendukung dan meningkatkan ketahanan pangan nasional serta pengganti pabrik Kaltim 1 yang sudah tua dan tidak efisien.

     Pabrik PKT 5 akan memproduksi pupuk urea dengan kapasitas produksi terbesar di Asia Tenggara yang mencapai 3.500 ton perhari dan amoniak 2.500 ton perhari.

     "Insya Allah dalam waktu dekat, pabrik Pupuk Kaltim 5 akan diresmikan Presiden Jokowi. Bertepatan dengan Harkitnas ini, Bontang turut andil dan menjadi bagian dari momen kebangkitan infrastruktrur di Kalimantan Timur," katanya.

     Upacara peringatan Harkitnas ke-107 tahun 2015 dilaksanakan di kilometer 13 proyek Tol Balikpapan-Samarinda.

     Dalam kegiatan yang dihadiri Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dan seluruh kepala daerah di Kaltim itu, Menkominfo Rudiantara juga mencanangkan "Gerakan Bersama Ayo Kerja-Kerja" (Gebyar).

     Selain itu, digelar syukuran percepatan pembangunan proyek tol Balikpapan Samarinda, penandatanganan kesepakatan bersama peresmian proyek pembangunan di Provinsi Kaltim, "groundbreaking" PLTD untuk delapan desa di wilayah perbatasan.

     Rudiantara memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Kaltim sebagai daerah yang memiliki komitmen tinggi membangun infrastruktur, yang diharapkan terus tumbuh untuk kesejahteraan rakyat.

     "Saya melihat bahwa Pemprov Kaltim merupakan salah satu daerah yang sejalan dengan pemerintah pusat dalam program pembangunan. Fokus pembangunan pemerintah pusat adalah meningkatkan kemaritiman, pelabuhan, angkutan laut, dan darat. Kemudian yang kedua adalah bagaimana menyiapkan ketahanan energi," katanya.

     Di sela acara, Rudiantara juga menyempatkan melihat-lihat display berisi informasi berbagai pembangunan infrastruktur yang telah dikerjakan Pemprov Kaltim dan dijelaskan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak. (Adv/Hms/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015