Bontang (ANTARA Kaltim) - Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Bontang, Kalimantan Timur, menggelar "Bazar Sejuta Buku" pada 15-24 Mei 2015 dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional.

     Kegiatan itu dibuka Wali Kota Bontang Adi Darma yang didampingi Wakil Wali Kota Isro Umarghani di Aula KPAD Kota Bontang, Sabtu (15/5).

     Dalam sambutannya, Adi Darma mengajak masyarakat untuk lebih meningkatkan kecintaan terhadap buku sebagai wahana pengetahuan, karena buku merupakan jendela dunia.
    
     "Memajukan pendidikan adalah salah satu dari enam program prioritas pemerintah. Harapan kita tentu melalui buku lahir individu-individu berkualitas yang mampu memberikan sebuah perubahan di masyarakat," katanya.
 
     Menurut ia, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kecintaan terhadap buku dan budaya membaca, demi terbukanya jendela ilmu pengetahuan serta memperkaya perspektif kehidupan agar lebih terinspirasi dalam berkarya bagi keluarga, masyarakat dan bangsa.

     Pameran buku juga selaras dengan upaya Pemerintah Kota Bontang untuk memajukan masyarakat, sehingga Kota Bontang bisa sejajar dengan kota-kota lainnya.

     Bazar Sejuta Buku merupakan kegiatan rutin yang digelar KPAD Kota Bontang guna mengajak masyarakat menerapkan budaya membaca dalam kehidupan sehari-hari.

     Ketua Penyelenggara Bazar Sejuta Buku Hj Karlina MT mengatakan buku-buku yang dipamerkan pada bazar kali ini berjumlah 3.000 judul dari 53 penerbit di Indonesia.
   
     Di aula KPAD juga terdapat 24 stan pameran edukasi yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk meningkatkan pengetahuan. Kegiatan pameran ini juga diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional yang jatuh pada 17 Mei 2015.  

     "Tidak hanya itu, selama pameran juga ada kotak donor buku. Kami berharap masyarakat ikut menyumbangkan buku yang sudah tidak digunakan untuk mereka yang lebih membutuhkan. Buku akan diberikan ke sekolah dasar di sekitar Bontang yang masih kekurangan," jelasnya.

     Selama pameran, digelar berbagai lomba, antara lain lomba mewarnai, menggambar, peragaan busana, duta baca, dan bercerita. (Adv/Hms/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015