Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Balikpapan menjadi salah satu tempat dilaksanakannya Festival India bersama 16 kota lain di Indonesia.

"Festival India akan dilaksanakan pada Jumat (15/5) yang bertempat di Gedung Kesenian Balikpapan. Acara ini untuk memperkenalkan kebudayaan India kepada masyarakat Balikpapan," kata Konsul Jenderal India untuk Indonesia, Amarjeet Singh Takhi, di Balikpapan, Kamis.

Festival India yang bertema "Sahabat India" mulai dilaksanakan 26 Januari 2015 bersamaan dengan hari Kebangkitan Konstitusional India, katanya.

"Acara Festival India dilaksanakan selama enam bulan sampai pada bulan Juni 2015. Adapun kota yang sudah dilaksanakannya festival ini adalah Jakarta, Bali dan Medan," kata Amarjeet.

Festival India tersebut tidak lepas dari dukungan Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi. Acara tersebut bukan hanya fokus pada kebudayaan saja, tetapi juga membawa banyak keuntungan untuk memberikan ide-ide inovatif untuk kaum muda, katanya.

"Adapun acara akan dilaksanakan selama 1,5 jam di mana salah satu tarian yang akan ditampilkan adalah tarian Karakattam yang merupakan tarian rakyat kuno dari negara bagian Tamil Nadu di India," kata Amarjeet Singh.

Dia menjelaskan bahwa tarian Karakattam merupakan tarian untuk memuji dewi hujan Mariaman. Para penari menyeimbangkan panci air di kepala mereka dengan sangat indah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Pemkot Balikpapan, Oemy Facesly menyambut baik adanya Festival India di Balikpapan sebagai jalinan silaturahim khususnya Balikpapan dan Kalimantan Timur (Kaltim) pada umumnya dengan India.

"Akan ada tiga tarian kolaborasi tarian dari kita, salah satunya adalah tari Dayak," kata Oemy.   (*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015