Bontang (ANTARA Kaltim) - Wali Kota Bontang Adi Darma mengajak seluruh elemen masyarakat dan pemangku kepentingan di daerah setempat untuk turut meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan yang bermutu.

     Saat memberikan sambutan pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di Halaman Kantor Wali Kota, Jalan Moh Roem, Bontang Lestari, Senin, Adi Darma mengatakan saat ini pendidikan telah membuka mata hati dan kesadaran seluruh masyarakat Indonesia dalam membangun bangsa dan negara agar sejajar dengan negara-negara maju.

     "Melalui momen peringatan Hari Pendidikan ini, saya mengajak seluruh elemen masyarakat senantiasa meningkatkan SDM-nya dengan terus menuntut ilmu. Yakinlah bahwa pendidikan itu bagaikan anak tangga berjalan yang mengantarkan kita untuk meraih kesejahteraan yang jauh lebih baik," katanya dalam upacara yang juga dihadiri Wakil Wali Kota Isro Umarghani.

     Hadir juga dalam upacara itu Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, kepala SKPD di lingkungan pemkot, serta ratusan pelajar SD hingga SMA di Kota Bontang.

     "Sekali lagi saya meminta kepada anak-anak Kota Bontang agar terus mengejar pendidikan yang lebih tinggi untuk membangun bangsa dan negara ini," tambah wali kota.

     Menurut ia, seluruh elemen masyarakat dan pemangku kepentingan harus bersama-sama terlibat langsung dalam memajukan pendidikan agar ke depan anak-anak Bontang bisa menjadi generasi penerus dengan SDM yang mumpuni dan bisa diandalkan untuk meneruskan cita-cita bangsa Indonesia.

     "Kita bangun sinergi yang harmonis dalam dunia pendidikan dengan mengajak masyarakat agar merasa memiliki. Pemerintah memfasilitasi, dunia bisnis peduli dan organisasi masyarakat mengorganisasi pendidikan. Dengan demikan, saya yakin pendidikan di Kota Bontang akan semakin maju, tuntas dan berkualitas," terangnya.

     Adi Darma kembali mengingatkan bahwa pendidikan sebagian besar dilakukan di sekolah, sehingga sekolah harus menyenangkan, artinya memiliki berbagai karakter dengan melibatkan semua komponennya, baik guru maupun orang tua siswa dalam proses belajarnya.

     "Selain itu, sekolah juga memiliki pembelajaran yang relevan dengan kehidupan. Sekolah yang pembelajarannya memiliki ragam pilihan dan tantangan, di mana individu diberikan pilihan dan tantangan sesuai dengan tingkatannya dan sekolah yang pembelajarannya memberikan makna jangka panjang bagi peserta didiknya," paparnya. (Adv/Hms/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015