Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 26 siswa yang berhasil menjadi Juara I dan masuk "passing grade" atau memenuhi batas nilai minimal dalam Olimpiade Sain Nasional (OSN) tingkat Provinsi Kaltim, kini segera mengikuti "Training Center" untuk persiapan tingkat nasional.

"TC untuk persiapan OSN tingkat nasional ini akan digelar di Samarinda selama lima hari. Melalui pematangan dalam TC ini kami harapkan para siswa lebih mendalami semua materi sehingga bisa bersaing di tingkat nasional," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Musyahrim di Samarinda, Kamis.

Musyahrim yang didampingi Kasi Kurikulum dan Kesiswaan SMP-SMA, Suriana, mengatakan TC OSN jenjang SMA diselenggarakan pada 14-18 Mei 2015, sedangkan TC OSN jenjang SMP pada 13-17 Mei 2015.

Mengenai rincian peserta yang sebanyak 26 siswa itu terdiri dari jenjang SMA sebanyak 14 siswa, masing-masing satu siswa untuk mata pelajaran Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Komputer, dan Ekonomi.

Sedangkan TC untuk mata pelajaran Astronomi akan diikuti tiga siswa, Kebumian diikuti tiga siswa, dan Geografi akan diikuti dua siswa karena selain peserta yang menjadi juara pertama, ada juga peserta yang memenuhi passing grade.

Kemudian TC OSN untuk jenjang SMP akan diikuti sebanyak 12 siswa. Terdiri dari mata pelajaran IPS terdapat enam siswa, mata pelajaran atau mata uji IPA diikuti empat orang, dan mata uji Matematika diikuti dua orang.

Masing-masing peserta TC tersebut ada yang berhasil menjadi juara pertama OSN tingat Kaltim dan ada peserta yang berhasil memenuhi passing grade.

Semua peserta yang akan mengikuti TC OSN untuk persiapan mengikuti OSN di tingkat nasional pada minggu ketiga Mei 2015 tersebut, merupakan siswa terbaik hasil OSN tingkat Provinsi Kaltim yang diselenggarakan di Samarinda pada pertengahan Maret.

"Saat OSN SMA tingkat Kaltim Maret lalu diikuti 250 peserta dari 10 kabupaten/kota. Karena mereka adalah para siswa terbaik di Kaltim, maka diharapkan bisa menjadi yang terbaik pula di tingkat nasional, apalagi setelah dilakukan TC. Hal yang lebih penting adalah, semua pengetahuan yang ditingkatkan ini dapat diterapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari," katanya.    (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015