Samarinda (ANTARA Kaltim) - Komandi Distrik Militer 0901 Samarinda, membangun jalan sepanjang 1.587 meter dengan lebar enam meter melalui program Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa ke-90 Tahun 2015.

"Badan jalan sudah selesai pada pra TMMD pada awal April kemudian akan diselesaikan saat pelaksanaan TMMD yang mulai dilaksanakan 7 hingga 27 Mei 2015," ungkap Komandan Kodim 0901 Samarinda Letkol Kav Dody Muktar Taufik di Samarinda, Rabu.

Jalan tersebut kata Dody, akan dibangun dari Lubuk Sawah ke Perumahan Karang Mumus dengan melibatkan satu SSK (satuan setingkat kompi) atau sebanyak 150 personel dibantu minimal 150 warga.

"Kami berharap, pelaksanaan pembangunan jalan melaui TMMD ini dalam satu hari dapat melibatkan 150 warga. Pada program pembangunan jalan tersebut ada jalan semenisasi, agregat, pengerasan termasuk pembuatan parit. Kami juga akan membuat jembatan dan gorong-gorong," katanya.

"Pada prinsipnya, TMMD ke-90 ini, lebih pada kerjasama dengan pemerintah daerah yang juga melibatkan masyarakat dengan menonjolkan sifat kegotongroyongan antara TNI dengan masyarakat," ungkap Dody.

Selain kegiatan fisik, pada program TMMD 2015 yang akan dipusatkan di Kelurahan Mugirejo, Kecamatan Sungai Pinang, juga akan dilaksanakan berbagai kegiatan sosial diantaranya, pengobatan massal, pasar murah KB-Kes serta hiburan rakyat.

"Rencananya, TMMD ke-90 di Kota Samarinda akan dibuka oleh Wakasad Letjen TNI M. Munir pada 7 Mei 2015," katanya.

Pelaksanaan TMMD 2015 tambah dia, berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya.

"Kalua dulu, personel menginap di barak tetapi kali ini harus bermalam di rumah-rumah warga, itupun dipilih rumah yang paling jelek. Kemudian, uang lauk-pauknya akan diserahkan ke pemilik rumah," ungkap Dody.     (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015