Samarinda (ANTARA Kaltim) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Timur memberi pelatihan kepada sejumlah wartawan baik cetak maupun elektronik yang ada di Kota Samarinda tentang penanggulangan bencana.

"Pemprov Kaltim memberi apresiasi dan menyambut positif pelatihan penanggulangan bencana kepada wartawan dan berharap kegiatan seperti ini terus berjalan sehingga terjalin komunikasi yang baik antara BPBD dengan wartawan," ungkap Asisten III Sekretariat Provinsi Kaltim Bere Ali, saat membuka pelatihan tersebut, Rabu.

Selain menghadirkan Setprov Kaltim, pelatihan yang dilaksanakan di Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kaltim, juga menghadirkan Kepala Pelaksana Harian BPBD Jawa Tengah Sarwa Pramana, Ketua Wartawan Peduli Bencana (Wapena) Jawa Tengah Lasimin serta Kepala Pelaksana Harian BPBD Kaltim Wahyu Widhi Heranata, sebagai pembicara.

Pemerintah Provinsi Kaltim kata Bere Ali, akan mendukung berbagai kegiatan BPBD termasuk mendorong segera terbentuknya Wartawan Peduli Bencana Kaltim.

"Di Kaltim sendiri telah terbentuk Forum Masyarakat Peduli Bencana sehingga kami berharap setelah kegiatan ini selesai, segera dibentuk Wapena Kaltim, seperti di Jawa Tengah," kata Bere Ali.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Jawa Tengah Sarwa Pramana, Rabu mengakui, pelatihan tentang penanggulangan bencana tersebut sangat penting karena penanganan bencana harus dilakukan oleh seluruh pihak, termasuk wartawan yang dinilai memiliki peran penting baik peringatan dini maupun pascabencana.

"Penanggulangan bencana tidak bisa hanya dilakukan oleh BPBD tetapi perlu peran semua pihak, termasuk wartawan. Di Jawa Tengah sendiri, sudah terbentuk Wapena yang sudah banyak membantu kami sehingga kami berharap setelah kegiatan ini, akan terbentuk forum serupa," ungkap Sarwa Pramana.

Di Jawa Tengah sendiri lanjut Sarwa Pramana, koordinasi baik antarinstansi maupun kalangan wartawan sudah berjalan dengan baik.

Sementara, Kepala Pelaksana Harian BPBD Kaltim Wahyu Widhi Heranata mengatakan, pelatihan terkait kebencanaan kepada wartawan tersebut akan terus dilaksanakan.

"Kami akan terus melaksanakan kegiatan seperti ini sebab peran wartawan sangat penting dalam membantu kami pada penanganan bencana di Kaltim. Kami juga berharap, setelah kegiatan ini, akan segera terbentuk Wapena Kaltim dan kami akan memberikan berbagai fasilitas yang dibutuhkan," ujar Wahyu Widhi Heranata.    (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015