Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Dinas Pendidikan Kabupaten Paser, bersama kepolisian setempat melakukan inspeksi mendadak pelaksanaan ujian nasional hari pertama tingkat SMA di sejumlah sekolah, Senin.

Sidak yang dipimpin Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Paser Drs Syafruddin bersama Kapolres Paser Ajun Komisaris Besar Polisi Anggie Yulianto Putro itu, antara lain mengunjungi SMAN 1 dan SMKN 1 Tanah Grogot.

Selama sidak yang juga diikuti sejumlah pengawas dari Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim, rombongan tidak meninjau langsung ke ruang-ruang kelas tempat pelaksanakan ujian agar tidak mengganggu konsentrasi peserta ujian.

"Secara umum, pelaksanaan UN hari pertama di Kabupaten Paser berjalan lancar," kata Syafruddin di sela sidak.

Begitu pula dengan pendistribusian soal-soal UN ke sekolah-sekolah juga berjalan lancar dan tidak ditemukan kendala, termasuk pengamanannya.

"Semua persiapan dan perencanaan termasuk distribusi soal sampai ke lokasi ujian tepat waktu," tambahnya.

Sebelum dibagikan ke setiap sekolah, naskah soal UN itu diamankan di setiap Polsek. Jumlah peserta UN di Kabupaten Paser pada tahun ini sebanyak 1.578 siswa SMA atau sederajat.

Kapolres Paser AKBP Anggie Yulianto Putro menambahkan pihaknya menempatkan personel di setiap sekolah yang melaksanakan UN untuk pengamanan, tetapi keberadaan petugas tidak sampai mengganggu siswa.

"Setiap sekolah mendapatkan personil pengamanan dari Satuan Intelkam. Jumlah personel yang kami kerahkan pada pengamanan UN tingkat SLTA ini sebanyak 22 orang," ujar Kapolres.    (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015