Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Pemberlakuan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online akan berdampak terhadap pengurangan jatah penerimaan pelajar bina lingkungan dan dari keluarga miskin (gakin).

Hal tersebut mengingat pelajar yang masuk sekolah favorit melalui jalur bina lingkungan dan gakin akan kalah bersaing dengan pelajar yang masuk melalui jalur reguler.

"Dikuranginya jatah penerimaan melalui jalur bina lingkungan dan gakin ini mengingat banyak pelajar yang masuk sekolah favorit melalui kedua jalur tersebut," kata Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi di Balikpapan, Rabu.

Dengan dikuranginya jatah pelajar dari bina lingkungan dan bina lingkungan, maka kuota pelajar masuk melalui jalur reguler bertambah, katanya.

"Nantinya PPDB online ini untuk peserta didik diberi sembilan kesempatan untuk memilih jurusan dan sekolah yang akan dituju," kata Rizal.

Rencananya pelaksanaan PPDB online dibuka Juli 2015 mendatang. Untuk proses seleksi terbagi menjadi lima kategori gakin, bina lingkungan, luar kota, berprestasi dan reguler, katanya.

"Nantinya mereka akan bersaing dalam kelompoknya masing-masing untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," kata Rizal.

Siswa gakin merupakan calon siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu, bina lingkungan adalah calon peserta didik yang tinggal di sekitar sekolah yang dituju. Kategori luar kota yaitu calon siswa yang berasal dari luar kota Balikpapan. Kelompok Berprestasi merupakan calon siswa yang memiliki prestasi baik secara akademis maupun non-akademis. (*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015