Tana Paser (ANTARA Kaltim) - PT Kideco Jaya Agung (KJA) menggelar pelatihan persiapan Mindset Sukses Ujian Nasional (UN) yang diikuti siswa SLTA dalam rangka memupuk rasa percaya diri siswa dalam menghadapi UN.

Untuk pelatihan ini, manajemen Kideco menggandeng Prima Smart Institut Balikpapan, sebuah lembaga konsultan pendidikan.

Hadir saat pembukaan, unsur Dinas Pendidikan Kabupaten Paser dan unsur musyawarah pimpinan kecamatan (Muspika).

Menurut H. Abu Sain, yang mewakili manajemen PT Kideco, persiapan mindset sukses UN 2015 ini digelar di dua kecamatan yakni, di Kecamatan Batu Sopang dan Kecamatan Kuaro.  
 
Untuk Kecamatan Batu Kajang, pelatihan dilaksanakan pada 28 Maret, sedangkan di Kecamatan Kuaro tanggal 2 April 2015.

"Ada 337 siswa yang mengikuti pelatihan ini," kata Abu Sain.

Menurut Abu Sain, tujuan dari pelatihan ini untuk menumbuhkan rasa percaya diri siswa dalam menghadapi UN 2015.

"Meski sudah belajar, mempersiapkan mental dalam menghadapi UN itu sangat penting. Terkadang siswa sudah tahu jawabannya, tapi karena ragu akibatnya jawabannya jad keliru, ini yang membuat hasil yang diperoleh tidak maksimal," katanya.

Sementara, Anang Bagus, anggota Tim CSR Kideco mengatakan pelatihan kali ini memang berbeda dengan pelatihan-pelatihan sebelumnya.

"Pada pelatihan sebelumnya, peserta mendapat bimbingan belajar, semacam try out dan lainnya, untuk pelatihan ini lebih fokus ke motivasi atau untuk mempersiapkan mental peserta," katanya.

Selama pelatihan lanjut Anang, instruktur memperagakan bagaimana mengatasi ketakutan (phobia) melalui hipnoterapi, sehingga rasa takut itu hilang atau setidaknya diminimalkan.

 "Hipnoterapi bisa mengurangi atau menghilangkan phobia siswa, sehingga keragu-raguan dalam menjawab soal-soal UN nantinya dapat diminimalkan," tambahnya. (Adv )

Pewarta: R. Wartono

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015