Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kota Balikpapan, menyetujui adanya anggaran pendahuluan untuk persiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah pada akhir 2015, sebelum anggaran resmi yang diusulkan Komisi Pemilihan Umum disahkan.

"Mau tidak mau harus dilakukan dengan mengeluarkan anggaran pendahuluan untuk pelaksanaan pilkada," kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi di Balikpapan, Jumat, tanpa merinci jumlah anggaran dimaksud.

Wali kota mengemukakan hal itu terkait dengan pengajuan dana pilkada yang disampaikan KPU Kota Balikpapan sebesar Rp38,5 miliar.

"Namun, dana pilkada yang diajukan tersebut tidak semuanya disetujui, tapi akan kita lihat per item, mana yang lebih penting," kata Rizal.

Komisioner KPU Kota Balikpapan Sunawiyanto saat dikonfirmasi terpisah menyatakan optimistis usulan dana sebesar Rp38,5 miliar untuk pelaksanaan pilkada akan disetujui DPRD Balikpapan.

"Nantinya dana itu dipergunakan untuk tahapan Pilkada 2015 yang mulai dilaksanakan pada April mendatang. Kami berharap anggaran itu dapat disetujui sebelum bulan April," kata Sunawiyanto.

Pada April, tahapan pilkada mulai dilaksanakan dengan merekrut Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Sunawiyanto mengatakan Pilkada Kota Balikpapan akan dilaksanakan pada 9 Desember 2015, bersamaan dengan delapan kabupaten/kota lain di Kaltim yang masa jabatan kepala daerahnya habis akhir 2015 dan semestes pertama 2016.

Kedelapan daerah itu masing-masing Kota Samarinda, Bontang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kutai Barat, Berau, Paser, dan Mahakam Ulu.    (*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015