Samarinda (ANTARA Kaltim) - Kota Samarinda menerima penghargaan dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah karena dinilai konsisten memberdayakan kepala sekolah.

"Samarinda dinilai konsisten menjalankan Permendiknas Nomor 28/2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah melalui LPPKS, lembaga yang didirikan kementerian tersebut di Solo," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda Asli Nuryadin di Samarinda, Senin.

Penghargaan yang diterima Asli Nuryadin mewakili Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang, diserahkan oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kebudayaan serta Penjaminan Mutu Pendidikan

Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Syawal Gultom pada 29 Oktober 2014 pekan lalu.

Dia berharap penghargaan itu mampu memberikan motivasi kepada Dinas Pendidikan Samarinda dan praktisi pendidikan agar pendidikan lebih baik dan maju.

Penghargaan itu diterima karena Pemkot Samarinda telah mengeluarkan dana dari APBD 2012 untuk melakukan pendidikan dan latihan (diklat) calon kepala sekolah yang terlebih dulu diseleksi oleh LPPKS.

Diklat tersebut merupakan kerja sama Dinas Pendidikan Samarinda dengan LPPKS. Dampak dari diklat itu sudah dirasakan, sehingga pada akhir tahun ini akan dilakukan perpanjangan kerja sama lagi dengan LPPKS.

Pemerintah daerah ingin memperkuat potensi kepemimpinan, mempertajam kemampuan mengelola sekolah, dan mengasah keterampilan kepala sekolah, karena jika kepala sekolah berpotensi maka diharapkan proses pendidikan lebih berkualitas.

Asli juga berharap lembaga pendidikan di Samarinda terus berprestasi di tingkat nasional seperti yang telah diraih selama ini antara lain pengelola PKBM Tiara Dezzi sebagai juara I tingkat nasional, Padmi Yati juara I tingkat nasional dalam lomba Kepala TK Berprestasi.

Selain itu, Kepala SMPN 5 Dasmiyah mendapat predikat kepala sekolah berprestasi tingkat nasional yang memperoleh penghargaan dari Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah berupa perjalanan edukasi ke Amerika Serikat belum lama ini.

Menurut Asli, banyaknya prestasi yang diraih kepala sekolah maupun lembaga pendidikan di Samarinda tersebut tidak terlepas dari komitmen wali kota yang memang ingin kualitas pendidikan terus meningkat.

"Karena itu, dalam APBD Samarinda ada yang spesifik untuk peningkatan kualitas kepala sekolah," katanya.   (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014