Samarinda (ANTARA Kaltim) -. Desk Pengendali Pusat Kantor Pertahanan (PPKP) Koordinator Provinsi Kaltim melakukan silahturahmi sekaligus sosialisasi terhadap lembaga vertikal yang baru berdiri serentak di seluruh Indonesia setahun terakhir, Kamis (6/11).

Pertemuan yang berlangsung di Kantor Sekretariat DPRD Kaltim, Gedung E lantai II tersebut dihadiri oleh Kasubdit Jakhang Kemenham RI Untung P dan Kakorda Kaltim Deks PPKP Kemenham RI Bambang AP. Mereka ditemui oleh Kabag Persidangan dan Risalah HM Agus Hari Kesuma, didampingi Staf Protokol Setwan Husaini serta Staf Bagian Hukum dan Perundang-undangan Setwan Geri dan Pracilia.

Agus menuturkan PPKP sebagai lembaga yang baru dibentuk setahun terakhir masih pada tahap sosialisasi dan silahturahmi ke sejumlah pihak terkait guna memudahkan dalam rangka komunikasi dan koordinasi.

“PPKP sudah menyambangi beberapa tempat seperti Polda Kaltim hingga Pemerintah Provinsi Kaltim, dan kali ini Setwan Kaltim. Hanya saja kebetulan dewan tidak ada di tempat karena melaksanakan tugas dinas maka hasil pertemuan hari ini nantinya akan disampaikan kepada pimpinan,”tutur Agus.

Menurut Agus,  PPKP adalah sebuah lembaga pertahanan wilayah dibawah Kementerian Pertahanan yang dalam pembentukannya diprioritaskan pada tiga provinsi yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Barat dan Papua, mengingat ketiganya memiliki wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

“Saya pribadi sangat mengapresiasi kehadian PPKP di Indonesia umumnya dan di Kaltim khususnya, sebab akan semakin mambuat keamanan dan pertahanan Negara semakin kuat dan maksimal terlebih di Kaltim sendiri memiliki daerah yang berbatasan langsung dengan Negara lain serta ditambah secara geografis dipisahkan dengan sungai dan laut sehingga membutuhkan pengawasan yang lebih maksimal,”kata Agus.

Selain itu, diharapkan dengan hadirnya lembaga ini bisa memupuk semangat dan rasa cinta tanah air terutama pada kalangan pemuda, sebab dengan melihat kondisi era moderenisasi seperti saat ini nilai-nilai tersebut bisa dikatakan mulai berkurang.

“Ini pertemuan awal, tetu saja nanti hasil pertemuan ini akan disampaikan kepada pimpinan guna bisa ditindak lanjuti terkait guna menjaga komunikasi dan koordinasi sebagai mitra pemerintah dan dewan dalam melaksanakan amanah perundang-undangan,” kata Agus. (Humas DPRD Kaltim/adv/bar/oke)


Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014