Ketua Pengurus Besar Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (Gepak) Abraham Ingan menginstruksikan seluruh kader Gepak untuk mendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Timur, Rudy Mas'ud dan Seno Aji, dalam Pilkada serentak yang akan datang. 
 
Instruksi tersebut disampaikan dia dalam perayaan HUT Gepak ke-23 yang berlangsung di Samarinda, Minggu (27/10).
 
"Agenda hari ini sangat istimewa karena bertepatan dengan dua momentum nasional besar, yaitu Pilpres dan Pilkada serentak. Kami merayakan kelahiran Gerakan Pemuda Asli Kalimantan dan syukuran atas pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden Republik Indonesia," ujar Abraham Ingan.
 
Dalam perayaan tersebut, Abraham Ingan juga meluruskan pemahaman ke publik mengenai kriteria asli Kalimantan. Menurutnya, putra asli Kalimantan itu adalah sejak Ibu Kota Nusantara ditetapkan oleh pemerintah di Kalimantan Timur.
 
"Kriteria asli Kalimantan mencakup mereka yang beranak-pinak dan lahir turun-temurun di Kalimantan, khususnya di Kaltim. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk mengotak-kotakkan kita dalam berwarga negara dan berbangsa," tegasnya.
 
Abraham Ingan menginstruksikan seluruh Ketua Gepak beserta para kader di 10 kabupaten dan kota di Kalimantan Timur untuk mensukseskan Pilkada damai. 
 
"Saya imbau seluruh pengurus Gepak, Keluarga Besar Gepak, dan sayap-sayap Gepak seperti Jubah Hitam Gepak, Laskar Gepak, dan Kawan Gepak untuk rame-rame ke TPS, jangan ada yang golput, dan jangan ragu-ragu coblos Rudy-Seno nomor 2," ujarnya.
 
Abraham Ingan juga menjelaskan bahwa Majelis Organisasi Daerah Nasional (MODN) yang turut digawanginya merangkul seluruh ormas-ormas daerah.
 
"Dalam momen pesta demokrasi ini, tidak mudah mengarahkan semua yang ada terhimpun di MODN karena ada 46 ormas daerah di situ. Namun, saya membuka pintu selebar-lebarnya bagi yang ingin mendukung pasangan nomor urut 2, Rudy-Seno," jelasnya.
 
Abraham juga menekankan pentingnya membentuk mental ibu kota karena IKN sudah berada di Kalimantan Timur. Ia menandaskan sebagai tokoh Dayak, bahwa warga lokal harus berperan dan mendukung program pemerintah, terutama pembangunan IKN di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran ke depan.
 
"Dukungan warga untuk IKN supaya Kalimantan Timur lebih sejahtera lagi dari sebelumnya," ucap dia.
 
Sementara, Cawagub nomor urut 2 Seno Aji mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Gepak, yang menjadi energi baru dalam menyukseskan pemenangan di Pilgub Kaltim. Ia mengaku sudah banyak organisasi masyarakat yang mendukung pasangan Rudy-Seno, mulai dari organisasi kedaerahan, termasuk paguyuban dari Jawa, Sulawesi, Dayak, Banjar, Kutai, dan sejumlah paguyuban lainnya.
 
"Artinya gerakan mereka ini merupakan dari rakyat, mereka menginginkan hal yang baru, dan tak akan kami sia-sia dukungan itu untuk bersama-sama ke depan, menciptakan Kalimantan Timur yang sejahtera, yang maju, yang modern," demikian Seno Aji.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024